Dugaan Pembakaran Rumah, Polisi Temukan Bekas Bahan Bakar

Singaraja, koranbuleleng.com| Polisi menemukan bekas cairan bahan bakar yang diduga digunakan untuk membakar rumah milik warga bernama Kadek Yudiawan, 33, di Banjar Dinas Kelodan, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, Buleleng. Hal itu, diketahui dari hasil uji laboratorium forensik (Labfor) Polda Bali, sehingga diduga rumah tersebut sengaja dibakar.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya mengatakan, ada unsur kesengajaan dalam insiden kebakaran yang terjadi pada Rabu, 8 Februari 2023.

- Advertisement -

Dari hasil uji Lafor menemukan ada bekas cairan yang diduga disiram di titik awal api. Bahan bakar tersebut disiram di material bambu, kemudian di sulut dengan nyala terbuka.

Polisi pun kini tengah memburu yang diduga membakar rumah tersebut. Namun Sumarjaya menyebut, penyelidikan masih terkendala minimnya saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

“Hasil Labfor Polda Bali, kebakaran tersebut terjadi akibat orang lain atau ada orang yang melakukan pembakaran. Tim menemukan kandungan hidrokarbon yang muncul dari reaksi bahan bakar jenis pertalite,” ujar Sumarjaya, Kamis, 16 Maret 2023.

Kata Sumarjaya, hasil uji laboratorium forensik itu menguatkan pernyataan korban saat melaporkan kejadian itu ke polisi. Sebelum rumahnya terbakar, Kadek Yudiawan mengaku mencium aroma cairan bahan bakar sebelum rumahnya terbakar. Hanya saja, korban saat itu tengah menonton televisi di ruang tengah sehingga tak menyadari perbuatan pelaku.

- Advertisement -

“Korban tidak sempat melihat pelaku. Saat itu korban menonton televisi dan mencium aroma seperti bensin dan tiba-tiba sudah ada nyala api dan rumahnya terbakar. Api berasal dari pintu teras rumah korban yang terbuat dari bambu dan kayu,” katanya.

Setelah mengantongi hasil uji laboratorium tersebut, penyidik kini mempertajam penyelidikan kasus tersebut untuk menemukan pelaku. Hanya saja, penyelidikan terkendala minimnya saksi yang mengetahui peristiwa, serta tak ada CCTV di sekitar lokasi kejadian.

Sumarjaya menambahkan, untuk bisa mengungkap dalang dari peristiwa tersebut. Juga diharapkan warga sekitar, yang sempat melihat peristiwa tersebut. Bisa memberikan keterangan kepada pihak berwajib, sehingga bisa mempercepat pengungkapan kasus kebakaran tersebut.

“Selanjutnya penyelidikan dipertajam untuk mencari orang yang melakukan perbuatan itu. Menggali kembali keterangan korban, dengan saksi fakta lainnya. Diharapkan kepada masyarakat di wilayah sekitar, bila melihat kejadian tersebut mohon bantuan memberikan keterangan kepada pihak berwajib untuk mempercepat pengungkapan peristiwa kebakaran ini,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts