Ribuan Orang Ramaikan Kirab Ramadhan

Singaraja, koranbuleleng.com | Ribuan warga muslim memadati Pelabuhan tua Buleleng, di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja untuk mengikuti Karnaval Kirab Ramadhan tahun 2023 Sabtu 18 Maret 2023.   Kirab yang digelar Dewan Masjid Mushalla (DMM) Kampung Kajanan, Singaraja, ini diikuti sebanyak 40 peserta dengan jumlah pengikut mencapai 2.000 orang.

Peserta menggunakan atribut khas masing-masing dengan melantunkan lagu-lagu rohani bernuansa Ramadhan.

- Advertisement -

Kadis Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara yang berkesempatan melepas peserta kirab memberikan apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan Dewan Masjid Mushalla Kampung Kajanan. Sebab, disamping melaksanakan kirab, juga ada kegiatan sosial, dengan menyantuni anak yatim.

Karnaval Kirab Ramadhan tersebut juga untuk menggaungkan penguatan ikatan persaudaraan antar umat di Buleleng, khususnya kota Singaraja.

“Di Buleleng punya istilah nyame selam, nyame Hindu, nyame Kristen, nyame Konghucu. Nyame dalam kategori kita semua bersaudara atau berkeluarga. Ini harus dijaga,” kata Dody Sukma.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, menyampaikan, karnaval ini harus dimaknai dengan tetap membangun tali silaturahmi di antara umat dan di antara semua warga Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Awal Ramadhan 2023 kali ini bertepatan dengan pelaksanaan hari suci Hindu, yakni Nyepi. 

Tentu kegiatan selama hari raya Nyepi akan disesuaikan dengan seruan bersama yang telah diterbitkan oleh majelis-majelis utama di Provinsi Bali, dan majelis-majelis agama di kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan seluruh rangkaian hari raya dengan hikmat. Serta aman dan nyaman. Itulah pesan yang ingin kami sampaikan,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Mushalla Kampung Kajanan, H. Hidayat Achdar, mengatakan, Kirab Ramadhan sudah menjadi tradisi yang terus dipertahankan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

“Mudah-mudahan ini bisa terlaksana setiap tahun” singkat Hidayat

Para peserta mengambil start dari pelabuhan tua Buleleng, kemudian menuju jalan Hasanuddin, jalan Dr. Sutomo, jalan Diponegoro, jalan Mangga, jalan Pattimura, jalan Erlangga dan finish di jalan Imam Bonjol. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts