Singaraja Karate Club Diikuti Ratusan Karateka dari Seluruh Bali

Singaraja, koranbuleleng.com | Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Kabupaten Buleleng menggelar kejuaraan Singaraja Karate Club (SKC) yang diikuti oleh ratusan karate dari sejumlah dojo di Bali.

Kejuaraan ini diikuti sekitar 357 atlet pemula dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kejuaraan berlangsung tiga hari dari tanggal 28 – 30 April 2023 di GOR Bhuana Patra Singaraja.

- Advertisement -

Ketua Umum Inkai Buleleng Prof. Dr Nyoman Sudiana mengatakan, kejuaraan yang telah terselenggara kelima kalinya ini dilatarbelakangi kepedulian terhadap kemajuan karate di Bali. 

Melalui kejuaraan ini, para peserta akan mendapatkan pengalaman yang bisa dipakai sebagai modal untuk membawa nama baik daerahnya.

“Peserta yang ikut hampir dari seluruh kabupaten yang ada Bali. Harapan kami karateka bisa mewarnai olahraga di Bali” katanya. 

Kedepan Inkai Buleleng juga merancang kejuaraan khusus atlet karate dari SMA dan SMK.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kabupaten Buleleng, Dr. dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG menyampaikan apresiasi terselenggaranya SKC Champions V antar Dojo se-Bali.

Even-even seperti itu menurutnya sangat diperlukan untuk para atlet-atlet pemula yang memang sudah dipersiapkan sedini mungkin untuk menggantikan atlet senior khususnya di Kabupaten Buleleng.

“Ini proses penggemblengan, tidak hanya fisik tapi mental dan juga karakter. Ini yang harus dikuatkan dan bisa membawa prestasi baik daerah di kejuaraan-kejuaraan baik tingkat daerah, nasional, bahkan internasional,” katanya.

Ia pun berharap, agar perguaran lain yang ada di bawah naungan Forki bisa menggelar hal yang sama. Hal ini akan menjadikan wadah bagi karateka-karateka muda untuk menguji keterampilan dan kemampuan.

“Selain untuk mengasah kemampuan, kejuaraan ini juga ajang untuk mereka bertemu, mencari saudara dan kawan untuk bersilaturahmi,” imbuhannya

Disisi lain, Ketua KONI Buleleng Ketut Wiratmaja menyampaikan, SKC yang digagas Inkai Buleleng diharapkan menjadikan motivasi bagi pengkab-pengkab lain untuk mengelelar kejuaraan.

Dengan begitu,  atlet-atlet muda bisa terus bermunculan. Sehingga prestasi olahraga di Buleleng bisa semakin maju.

“Prestasi karate Buleleng berturut-turut meraih juara umum pada ajang porprov. Saya harap melalui kejuaraan ini prestasi itu bisa di peratahankan” pungkas Wiratmaja. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts