Hari Pertama, Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi

Singaraja, koranbuleleng.com | Pendaftaran bakal calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, masih sepi.  Pendaftaran sebenarnya sudah dibuka secara resmi, Senin 1 Mei 2023.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, pendaftaran hari pertama di akui memang masih belum ada, salah satu faktornya karena suasana hari libur, hari buruh.  

- Advertisement -

Selain itu, sejumlah Bacaleg diperkirakan masih ada yang menyiapkan sejumlah persyaratan. Seperti surat keterangan sehat termasuk bebas narkoba, surat keterangan bebas pidana, kemudian pendidikan minimal SMA disertai ijazah yang sudah di legalisir dari sekolah asal.

Lalu jika ada Bacaleg yang ingin mencantumkan gelar pendidikan juga harus menyertakan ijazah terakhir. Bacaleg juga harus dibuktikan dengan dengan kartu tanda anggota (KTA) sebagai anggota parpol.

“Jadwal pendaftaran Bacaleg ini sudah dilakukan jauh-jauh hari ke 18 parpol yang ada di Buleleng.” kata Dudhi, Senin 1 Mei 2023.

Dudhi menambahkan, saat ini banyak para parpol mengaku masih mencari hari baik atau dewasa ayu untuk melakukan pendaftar. KPU BUleleng juga mengimbau jika ada parpol yang melakukan pendaftaran dengan seremonial agar berkoordinasi agar tidak menumpuk saat melakukan pendaftaran.

- Advertisement -

“Kalau misalnya harinya sama, biar jamnya di bedakan,” imbuh Dudhi

Dari 18 parpol akan berebut 45 kursi DPRD Buleleng. Setidaknya akan ada 810 orang bacaleg yang akan merebut kursi tersebut. Sementara untuk jumlah pendaftaran, semua kewenangan dari masing-masing Parpol.

“Jadi mereka yang menentukan berapa yang didaftarkan di setiap Dapil,” ucapnya

Disis lain, PDI Perjuangan Buleleng mengaku saat ini masih nunggu semua persyaratan Bacaleg lengkap. Dalam waktu dekat, pihaknya mengaku akan segera mendaftarkan caleg-caleg ke KPU Buleleng.

“Jadi karena terbentur libur hari raya Idul Fitri syaratnya belum semua selesai.” ujar Sekretaris PDI Perjuangan Buleleng, Gede Supriatna

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra Buleleng Gede Harja Astawa mengatakan, juga masih menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Partai Gerindra Provinsi Bali.

“Pendafatanannya kita masih menunggu petunjuk DPD Gerindra Bali. Juga menunggu dewasa ayu. Sabar ya” kata dia.

Partai Golkar Buleleng mengaku sudah menyiapkan nama-nama Bacaleg yang akan didaftarkan yang akan bertarung di masing-masing Dapil. Golkar Buleleng telah melakukan rapat finalisasi sekitar seminggu lalu.

“Nama-nama itu (Bacaleg) sudah kita bawa ke DPD Golkar Provinsi Bali untuk mendapatkan persetujuan. Nanti hasil yang disetujui dan di pleno itu yang akan didaftarkan ke KPU Buleleng,” jelas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Buleleng, I Nyoman Wandira Adi

Penegasan datang dari Partai Hanura Buleleng akan mendaftar pada akhir masa pendaftaran yakni tanggal 14 Mei 2023.  Jumlah Bacaleg yang di daftar sesuai kuota maksimal untuk tiap parpol yakni 45 orang.

“Kita maksimalkan waktu yg ada” ucap Ketua DPC Hanura Buleleng, Gede Wisnaya Wisna.

Untuk diketahui, setelah masa pendaftaran akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi Bacaleg yang akan diumumkan pada bulan November mendatang. 

Dalam masa verifikasi ini, para parpol tidak bisa menambah atau mengurangi jumlah Bacaleg.  Untuk pendaftaran akan dibuka dari 1 sampai 14 Mei 2023, mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Di hari terakhir pendaftaran dibuka sampai 24.00 WIB. ꟾETꟾ

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts