Nasdem Kejar 8 Kursi, PKS Target “Pecah Telur”

Singaraja, koranbuleleng.com| DPC Nasdem Kabupaten Buleleng, mendaftarkan sebanyak 45 bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Buleleng, Kamis, 11 Mei 2023 siang. Nasdem Buleleng targetkan minimal delapan caleg bisa terpilih untuk mewarnai peta parlemen daerah, nantinya.

Pendaftaran DPD Partai Nasdem, ke KPU Buleleng dilakukan dengan menggunakan iringan gamelan baleganjur. Iringan datang dari arah timur, berjalan kaki di Jalan A. Yani menuju kantor KPU Buleleng. Sesampai di kantor KPU, perwakilan partai langsung masuk untuk melakukan verifikasi data. 

- Advertisement -

Ketua DPD Nasdem Buleleng I Made Suparjo mengatakan, pada Pileg 2024 menargetkan bisa memenangkan 8 kursi di DPRD Buleleng. Target tersebut, diyakini bisa dimenangkan di 8 daerah pemilihan (dapil) dari 9 dapil yang ada. Namun, pihaknya juga optimis bisa memenangkan di dapil 7, Kecamatan Busungbiu.

“Kita sudah pasang tiga, bacaleg di dapil Busungbiu. Kalau itu terwujud, kita akan punya 9 kursi. Namun, kita masih perlu strategi,” ujar Suparjo.

Nasdem Buleleng, juga mengakui telah memenuhi kuota perempuan sebanyak 30 persen dari total bacaleg yang ada. Kata Suparjo, partai akan kembali melakukan penyesuaian pada Dapil 1, Kecamatan Buleleng. Dimana, saat ini di dapil tersebut ada delapan bacaleg yang didaftarkan dan dua diantaranya perempuan. Selain itu, untuk DPRD Provinsi dapil Buleleng. Pihaknya sudah mengirimkan dua nama untuk didaftarkan. 

“Di dapil kota yang tadinya dua jadi tiga. Kami ditugaskan untuk sumbangkan dua kursi, upayakan sudah didaftarkan penuh caleg di provinsi. Saya maju di dapil satu,” katanya. 

PKS Daftarkan Bacaleg ke KPU Buleleng|FOTO : Kadek Yoga Sariada|
- Advertisement -

Usai Nasdem, partai yang juga mendaftarkan bacalegnya yakni partai PKS. Dimana, PKS mendaftarkan sebanyak 22 orang bacaleg untuk Pileg 2024. Kader partai tersebut, akan bertarung memperebutkan suara di empat dapil. Yakni, dapil 1 Kecamatan Buleleng, dapil 9 Kecamatan Sukasada, dapil 6 Kecamatan Seririt, dan dapil 5 Kecamatan Gerokgak. 

Ketua DPD PKS Buleleng Muhammad Muslim mengatakan, puluhan bacaleg tersebut ditargetkan bisa mengisi empat kursi di DPRD Buleleng. Dimana, PKS saat ini belum memiliki wakilnya di DPRD. “Iya belum dapat kursi. Mudah-mudahan tahun ini bisa pecah telor. Semuanya berpeluang karena tergantung nanti para agen bergerak,” katanya.

Sementara, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, berkas bacaleg dari dua partai tersebut, sudah memenuhi verifikasi. Partai pun, dibebaskan untuk mendaftarkan berapa banyak bacalegnya. Namun, usai di daftarkan partai politik tidak boleh mengurangi atau menambah bacaleg.

“Kalau nambah tidak bisa mengganti bisa dalam artian berapa yang diajukan itu aja yang harus di perbaiki. Mengurangi juga tidak bisa. Jadi apa yang tadi sudah didaftarkan itu yang harus digantikan,” kata Dudhi. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts