Pendaftaran Bacaleg PDIP Diiringi Parade Seni, 27 Politisi Wajah Baru Didaftarkan

Singaraja, koranbuleleng.com| Gemuruh terdengar di Pasar Banyuasri, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kebupaten Buleleng. Suara itu, terdengar dari lantunan suara gamelan Baleganjur. Ada 9 sekeha (kelompok) yang mengiringi pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan Buleleng ke KPU Buleleng. Pendaftaran bacaleg pertama di Buleleng, dilakukan DPC PDI Perjuangan Buleleng.

Mereka datang dengan berjalan kaki sejauh 400 meter, dari Pasar Banyuasri. Tampak tokoh politik, Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Gede Supriatna dan mantan wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra ikut berjalan paling depan menuju KPU.

- Advertisement -

Sesampainya di depan kantor KPU, dipentaskan seni silat Sitembak. Pertunjukan itu, cukup menyita perhatian warga yang melintas. Tak hanya, baleganjur dan seni silat. Iring-iringan bacaleg ini, juga diiringi oleh satu kelompok rebana.

Ketua DPC Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, partai mendaftarkan 45 orang bacaleg yang akan bertarung di Pileg 2024. Dimana, sebanyak 40 persen dari total bacaleg yang didaftarkan merupakan perempuan.

“Dari 45 orang yang kita daftarkan 17 diantaranya perempuan. Kader perempuan ini, sudah melebihi kuota,” ujar Agus Suradnyan, Kamis, 11 Mei 2023.

Kata Suradnyana, di Pileg nanti menargetkan sebanyak 7 tambahan kursi baru. Saat ini PDIP Buleleng memiliki sebanyak 18 wakil DPRD Buleleng. Untuk mengejar target itu, akan memaksimalkan perolehan suara di 9 daerah pemilihan (dapil).

- Advertisement -

“Kita targetkan naik 7 kursi, jadi 24 kursi. Dari 45 yang kita daftarkan, 27 orang pendatang baru (newcomer). Kita maksimalkan semua potensi yang ada,” katanya.

Sementara, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, telah menerima berkas asli dari bacaleg yang telah didaftarkan pengurus partai. Berkas tersebut pun telah dinyatakan lengkap. “Tidak ada revisi, kebetulan PDIP sudah melengkapi semua berkas, sehingga sinkron dengan berkas yang diajukan,” katanya.

Sekedar informasi, Kamis, 11 Mei 2023 ada 3 partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Buleleng. Pendaftaran diawali oleh partai PDIP, kemudian dilanjutkan oleh partai Nasdem, dan terakhir PKS. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor. : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts