PPDB Mulai Dibuka

Singaraja, koranbuleleng.com| Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Buleleng akan dimulai serentak pada Senin, 19 Juni 2023 besok. Untuk jenjang SMP, proses PPDB seluruhnya menggunakan sistem online. Sistem online tersebut, juga diterapkan pada beberapa sekolah percontohan di jenjang SD.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Ida Bagus Gede Surya Bharata mengatakan, untuk pendaftaran di jenjang SD akan ditutup pada 23 Juni 2023 dan pendaftaran kembali pada tanggal 26 Juni – 8 Juli. Kemudian untuk jenjang pendidikan SMP pendaftaran ditutup pada tanggal 27 Juli dan pendaftaran ulang pada tanggal 3-8 Juli.

- Advertisement -

Lalu di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pendaftaran dimulai pada tanggal 19-22 Juli dan pendaftaran ulang pada tanggal 26 Juni sampai 7 Juli. Untuk pendaftara melalui online tersebut, Disdikpora Buleleng telah menyiapkan sistem yang dibackup juga oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Santi) Buleleng. Masyarakat dapat mengakses pendaftaran online melalui link e-ppdb.bulelengkab.go.id.

Surya Bharata menyebut, peserta didik baru bisa menempuh 4 jalur, jalur zonasi, afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

“Masing-masing sekolah ada ada peta zonasinya, sehingga penerimaan siswanya juga harus sesuai dengan zona tersebut. Terkecuali yang melamar di jalur prestasi dan perpindahan orang tua bisa mendaftar di luar zona,” ujarnya Minggu, 18 Juni 2023.

Dari pemetaan yang dilakukan Disdikpora, dipastikan semua pendaftar akan terserap. Lulusan SD akan terserap di 73 SMP negeri dan swasta dengan total data tampung 12.171 orang. Sedangkan di tingkat SD dari 465 sekolah negeri dan swasta memiliki daya tampung 12.948 orang.

- Advertisement -

Surya Bharata menambahkan, dengan demikian pihaknya memastikan untuk jenjang SD seluruhnya bisa terserap. Namun, untuk jenjang SMP masih ada yang perlu di petakan, terutama pada wilayah padat penduduk.

“Tetapi itu sudah kami carikan solusi kalau ada pendaftar lebih akan didistribusikan ke sekolah terdekat lainnya,” kata dia.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada 

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts