Kontingen Buleleng Didaulat Rebut Posisi Kedua Porsenijar Bali

Singaraja, koranbuleleng.com | Sorak sorai menggema dari 607 atlet dan artis yang membela kontingen Buleleng dalam Porsenijar Provinsi Bali tahun 2023 ketika dilepas langsung oleh Pj Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana di lobi kantor Bupati Buleleng, Selasa 20 Juni 2023. Porsenijar berlangsung di Denpasar dari 21-27 Juni 2023.

Pekik kegembiraan itu juga menggema karena Lihadnyana membakar semangat mereka dan meninggikan kebanggaan sebagai orang Buleleng. Lihadnyana meminta agar kontingen Buleleng benar-benar diperhitungkan oleh daerah lain dalam setiap even olahraga dan seni.

- Advertisement -

Maka itu, Atlet dan Artis Buleleng harus mampu mendulang prestasisehingga bisa diperhitungkan oleh daerah lain. “nanti setelahkembali ke Buleleng, jinjinglah medali sebanyak-banyaknya,” kata Lihadnyana menyerukan Ketika melepas Kontingen Buleleng.

Porsenijar Tahun 2002, Buleleng mengirim total 607 orang, Atlet sebanyak 460 Orang, Artis sebanyak 36 Orang, Pelatih/Official sebanyak  72 Orang dan  Panitia sebanyak  39 Orang.

Lihadnyana menyerukan bukan saja kontingen Buleleng bisa menambah pundi medali hingga sepuluh persen, namun juga harus punya telad untuk menduduki tangga juara, minimal juara dua. Menurutnya peningkatan peringkat bukan hal yang mustahil diraih.


“Setidaknya akan ada peningkatan 10%  (jumlah perolehan medali) atau  Juara 2 bisa kita raih” kata Lihadnyana.  

- Advertisement -

Kontingen Kabupaten Buleleng akan mengikuti 29 cabang olahraga dan 13 bidang seni yang dipertandingkan dan diperlombakan, Diantaranya Atletik, Bulutangkis, Catur, Pencak silat, Judo, Renang, Senam, Sepak Takraw, Tenis lapangan, Tenis Meja, Taekwondo, Voli, Voli Pasir, Basket, Panjat Tebing, Karate, Cricket, Tarung Derajat, Woodball, Gate Ball, Panahan, Dansa, Kempo, Balap Sepeda, Petanque, Wushu, Kabaddi, Softball, Menembak dan Selam. Kabupaten Buleleng juga berkesempatan untuk mengikuti 6 cabang olahraga eksebisi, yaitu Rugby, Xiangqi, Tinju, Pickle Ball, Bridge, Yongmodo.

Sedangkan ada 13 bidang Seni yang akan  diperlombakan diantaranya Melukis, Tari Baris Manggala Yuda, Mesatua Bali, Alih Aksara Latin Ke Aksara Bali, Macepat, Mapidarta, Mekidung, Dharma Wacana, Mekekawin, Tari Margapati, Tari Cendrawasih, Tari Legong Kuntul, Tari Kebyar Duduk.

Ketut Lihadnyana menjanjikan kepada seluruh atlet dan artis yang berlaga menjadi Kontingen Buleleng untuk Porsenijar Provinsi Bali 2023 untuk mendapatkan prioritas dalam mencari sekolah.

“Kita prioritaskan dapat sekolah yang lebih tinggi. Yang SMP mau cari SMA yang berprestasi saya prioritaskan. Anak – anak SD ke SMP diprioritaskan juga sama,” ungkapnya.

Sementara Ketua Kontingen Buleleng, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika menyatakan segala persiapan bagi kontingen sudah dilakukan. Pada Porsenijar kali ini, Kontingen Buleleng mengutamakan atlet-atlet yang memiliki potensi mendapatkan medali.

Ia mengharapkan seluruh atlet dan artis dapat bertanding dengan baik, dan meraih kesuksesan pada Porsenijar Provinsi Bali Tahun 2023.

“Nanti kita pikirkan bonusnya. Ini baru anggaran yang operasional saja. Itu (bonus) nanti kebijakan daerah. Yang dapat prestasi, yang dapat medali pasti dapet bonus ya,” tegasnya.

Saat pelepasan atlet dan artis Kontingen Buleleng, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, S.H. Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng, I Ketut Wiratmaja, S.H., dan jajaran Forkopimda Kabupaten Buleleng. (*)

Pewarta  : Edy Nurdiantoro

Editor      : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts