Buleleng Fokuskan Perluasan Lapangan Kerja Turunkan Angka Kemiskinan

Singaraja, koranbuleleng.com | Penjabat (PJ) Bupati Buleleng,Ketut Lihadnyana optimis mampu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Buleleng tahun 2023 ini. Upaya yang dilakukan untuk penurunan kemiskinan fokus pada mengurangi pengeluaran dan menambah pemasukan masyarakat miskin. 

Menurunkan pengeluaran masyarakat miskin dilakukan dengan memberikan jaminan kesehatan, dan juga pemberian bantuan. Upaya meningkatkan pemasukan, dilakukan dengan meluaskan lapangan pekerjaan salah satunya mengajak masyarakat mencintai produk dari UMKM lokal.

- Advertisement -

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Atas Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2022, Selasa 4 Juli 2023. 

Dalam rapat paripurna itu, angka kemiskinan menjadi salah satu yang di bahas, Lihadnyana menyampaikan, naiknya garis kemiskinan dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Salah satunya adalah naiknya standar pengukuran garis kemiskinan oleh BPS. Sehingga ada banyak masyarakat yang sebelumnya tidak termasuk masyarakat miskin menjadi masuk dalam kategori masyarakat miskin.

“Sehingga kan dengan orang yang dibawah langsung melompat ke tangga ini kan gak bisa. Kita buktikan nanti 2023 ini saya yakin seyakin – yakinnya itu,” ungkapnya.

“Kita berdayakan dan kita fanatikkan diri kita untuk menggunakan produk UMKM. Setelah itu, Anggaran kita tambah untuk itu, untuk umkm dan kemiskinan serta pengangguran,” tambah dia.

- Advertisement -

Angka kemiskinan Kabupaten Buleleng yang mencapai 6 persen, menurut Lihadnyana agak sulit dihapuskan hanya dalam satu tahun. Apalagi, dalam kondisi ekonomi yang baru mulai kembali pulih setelah pandemi.

“UMKM yang berpotensi di Buleleng sekarang sudah bergerak. Perlahan namun yakin pasti akan memperluas lapangan kerja,”terang Lihadnyana.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Editor :I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts