Buleleng Susun Rencana Induk Kabupaten Cerdas

Singaraja, koranbuleleng.com |Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali mulai merancang rencana induk (masterplan) menuju Kabupaten/Kota Cerdas (smart city) dan mendapat pendampingan melalui bimbingan teknis (bimtek) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Induk Kabupaten/Kota Cerdas dan Quick Win Program Unggulan Tahap I berlangsung di Hotel Banyualit, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kamis 6 Juli 2023.

- Advertisement -

Buleleng bersama dengan Karangasem menjadi dua kabupaten di Bali dan termasuk 50 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang terpilih mendapatkan pendampingan dari Kemenkominfo RI. Bimtek ini diberikan oleh tiga narasumber utusan dari Kemenkominfo RI yaitu praktisi TIK Hafni Septiana, Tenaga Ahli Smart City Dyah Mutiarin, dan Taaj Nabil.

Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menjelaskan pelatihan teknis ini untuk membuat rencana induk atau peta jalan tentang Kabupaten/Kota Cerdas agar terdokumentasi dengan baik. Dalam artian, memuat langkah-langkah yang akan dilakukan dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Langkah-langkah tersebut nanti tentunya mengarah ke implementasi Buleleng sebagai kabupaten/kota cerdas.

“Program ini dari pemerintah pusat. Sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Buleleng menuju Kabupaten Cerdas. Terima kasih kepada Kemenkominfo RI yang sudah menunjuk Buleleng untuk mendapatkan pendampingan. Pendampingan akan dilakukan terus,” jelasnya.

Dalam menyusun rencanan induk, penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan system,sarana prasarana yang baik.  Untuk desa-desa di Kabupaten Buleleng dan tempat-tempat umum lainnya sudah terpasang jaring wifi gratis. Namun, masih ada beberapa tempat di Buleleng yang belum tersentuh sinyal komunikasi. Permohonan agar tempat-tempat tersebut tersentuh sinyal komunikasi sudah dilakukan ke Kemenkominfo RI agar semua tempat tersentuh sinyal.

“Kita ubah pola pikir kita semua agar berbasis digital. Jejak digital juga bisa dilihat jika semua tersentuh sinyal komunikasi. Antisipasi juga dilakukan dengan pemanfaatan Menara Turyapada. Seperti gayung bersambut, setelah selesai rencana induk tahap pertama, kita bisa memanfaatkannya. Itu kerja kolaboratif antar wilayah,” ucap Lihadnyana.

- Advertisement -

Sementara itu, salah satu narasumber yang merupakan Tenaga Ahli Kemenkominfo RI, Dyah Mutiarin menyebut Buleleng menjadi bagian 50 kabupaten/kota yang terpilih pada tahun 2023 ini karena memiliki potensi dan kemampuan khususnya dalam bidang digitalisasi. Pemerintah Kabupaten Buleleng dinilai punya komitmen dan inisiasi menjadikan Buleleng sebagai kabupaten cerdas.

“Seperti akan ada Taman Pendidikan Digital, sistem pembayaran digital, dan birokrasi atau pemerintahan juga sudah menggunakan sistem-sistem yang secara digital sudah terintegrasi,” sebutnya.

Dyah yang juga Guru besar Universitas Negeri Yogyakarta ini mengatakan untuk kabupaten/kota cerdas, harus Menyusun program jangka pendek untuk satu tahun, jangka menengah lima tahun dan jangka panjang 10 tahun. Itu sebagai penanda permulaan dari untuk mendirikan kabupaten/lota cerdas.

Ada enam dimensi dari kabupaten/kota cerdas yaitu tata kelola pemerintahan cerdas, konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi, kehidupan yang cerdas menjamin kelayakan taraf hidup masyarakat dalam satu kabupaten/kota, pengelolaan tata kelola lingkungan dalam pembangunan kabupaten/kota dengan cerdas, inovasi dalam memasarkan daerahnya memanfaatkan teknologi saat ini, serta mewujudkan ekosistem perekonomian di daerah yang mampu memenuhi tantangan di era informasi saat ini. Dalam satu tahun, diharapkan ada enam program yang dilaksanakan dari enam dimensi tersebut.    

“Sehingga, kalau kita menilai, sebenarnya Buleleng sudah mencapai angka 80 persen. Ini sudah sangat mudah bagi Buleleng,” tutup Dyah Mutiarin. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts