25 Hektar Kawasan Hutan Terbakar, Pura Bukit Kursi Aman dari Amukan Api 

Singaraja, koranbuleleng.com | Kawasan hutan di kawasan Banjar Dinas Pala Sari, Desa Pemuteran, Kecamatan Grokgak, Buleleng mengalami kebakaran hebat, Selasa, 11 Juli 2023, sekitar pukul 17.00 wita. Petugas Damkar Buleleng berhasil memadamkan api pada Rabu 12 Juli 2023 sekitar pukul 02.52 wita.

Di Kawasan ini, berdiri Pura Bukit Kursi yang berada di puncak ketinggian.Namun, pura ini aman dari kepungan api yang membakar Kawasan hutan.

- Advertisement -

Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, mengatakan, Tim TRC Regu III BPBD Buleleng langsung bergerak melakukan penanganan setelahada laporan kebakaran dari masyarakat. Petugas juga berusaha kerasagar kobaran api tidak sampai membakar area areal pura Bukit Batu Kursi.

Lokasi kebakaran di wilayah perbukitan membuat petugas kesulitan melakukan pemadaman api, apalagi luas lahan yang terbakar diperkirakan hingga 25 hektar.   Upaya penanganan dilakukan secara kolaboratif dengan pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng, TNI, POLRI, Polhut Buleleng dan warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,begitupun kerugian materiil tidak ada.

“Penyebab pasti kebakaran tersebut masih belum diketahui dan sedang dalam penyelidikan” ungkap Ariadi.

BPBD Buleleng mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan segera melaporkan apabila ada kejadian serupa di sekitar lingkungan mereka.

- Advertisement -

“Warga jangan membakar sampah kendati lokasi rumah jauh dari lahan atau hutan. Apalagi pada musim kemarau ditambah dengan tiupan angin kencang karena itu salah satu pemicu terjadi kebakaran”  terang Ariadi. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts