KPU Buleleng Beri Kesempatan PAN Ajukan Bacaleg Gantikan Suwandi 

Singaraja, koranbuleleng.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng memberikan kesempatan bagi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengganti Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Suwandi Dwi Warsono yang meninggal dunia pada Senin, 10 Juli 2023. 

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udayana mengatakan, penggantian bacaleg tersebut bisa dilakukan setelah tahap verifikasi pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bacaleg. Parpol pun berhak mengajukan nama, yang akan mengganti sesuai kesepakatan partai. 

- Advertisement -

Dudhi menyebut, dalam pergantian Suwandi menjadi bacaleg tersebut partai harus menyetorkan surat keterangan kematian. Jika surat tersebut belum diterima, Suwandi tetap akan dimasukan sebagai bacaleg yang akan bertarung di Pemilu 2024 mendatang.

“Nanti ada tahapan penggantian bacaleg setelah verifikasi ini sesuai dengan berkas yang ada. Selama dia belum ada surat keterangan meninggal dari partai ya tetap terdaftar sebagai bacaleg, kita tidak berani menghapus langsung. Harus ada dasar hukumnya,” ujarnya Selasa, 11 Juli 2023.

Sementara Ketua DPW PAN Bali Ngakan Made Kutha Parwata mengatakan, partai saat ini telah menyiapkan pengganti Suwandi untuk menjadi bacaleg, jika pergantian bacaleg tersebut diijinkan oleh KPU. Selain itu, partai juga akan menyiapkan Pelaksana Tugas (PLT) untuk menggantikan Suwandi sebagai ketua DPC PAN Buleleng. 

“Kalau masih ada waktu kita coba ganti. Kita sudah punya calon pengganti. Kita akan pasang pelaksana tugas, akan kita tunjuk dulu,” ujarnya. 

- Advertisement -

Parwata mengungkapkan, Suwandi merupakan kader senior partai PAN di Bali. Partai pun menugaskan Suwandi menjadi ketua Barisan Muda Penegak Anak Nasional (BM PAN) Bali, yang merupakan sayap partai PAN.

Di Buleleng, dalam almarhum Suwandi juga merupakan potensi kuat yang dimilik PAN. Pada pencalegan sebelumnya, Suwandi mendapat suara terbanyak untuk partai PAN di Buleleng. 

Namun dia belum bisa lolos menembus kursi DPRD Buleleng. Setelah kepergian Suwandi, ditambahkan Parwata, partai akan menggencarkan kaderisasi dan konsolidasi untuk mencari kader yang potensial.

“Dia sudah sangat potensi, suara PAN Buleleng dia paling tinggi. Kita akan perkuat kaderisasi dan konsolidasi. Kita target pecah telur di Pemilu 2024,” kata dia.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Editor   : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts