Kawasan Hutan Pemuteran Dipantau, Petugas Berusaha Api Tidak Sampai ke Area Pura

Singaraja, koranbuleleng.com| Satu titik api masih menyala di Kawasan hutan di kawasan Banjar Dinas Pala Sari, Desa Pemuteran, Kecamatan Grokgak, Buleleng, yang terbakar. Petugas kesulitan untuk memadamkan api, karena lokasi titik api yang sulit dijangkau, Rabu, 12 Juli 2023.

Petugas terus memantau agar api tidak sampai merembet ke area Pura Bukit Batu Kursi yang berada ditengah kawasan hutan dan perbukitan.

- Advertisement -

Dari data BPBD Buleleng, titik api tersebut berada di jarak dua kilometer di sebelah timur Pura Bukit Watu Kursi. Dari pemantauan petugas, kobaran api masih terlihat hingga pukul 12.30 Wita. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, saat ini petugas TRC BPBD Buleleng, bersama Polisi Hutan, Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Gerokgak, serta aparat desa setempat masih melakukan pemantauan titik api dari area Pura Bukit Watu Kursi. 

“Pemantauan kobaran api ini, kita lakukan untuk mengantisipasi agar api tidak meluas hingga ke area pura. Apabila api kembali meluas akan kita lakukan upaya penyekatan,” terang Ariadi, dikonfirmasi Rabu siang. 

Ariadi menyebut, saat ini belum bisa dipastikan penyebab kebakaran tersebut. Dimana ada beberapa kemungkinan penyebab kebakaran, karena kelalaian manusia atau alam. Mengingat kondisi di hutan tersebut saat ini dalam kondisi kering. 

- Advertisement -

“Karena di sana semak belukar kawasan disana kering, ada pemicu didukung angin kencang, yang menyebabkan api semakin besar. Luasan lahan terbakar ini cukup luas,” katanya. 

BPBD Buleleng mengimbau, kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan di kawasan hutan. “Untuk masyarakat yang beraktivitas di kawasan hutan lebih hati-hati melaksanakan kegiatan yang bisa menyebabkan kebakaran. Seperti mencari madu, juga yang merokok pastikan puntungnya mati jangan sampai lalai,” kata Ariadi.

Diberitakan sebelumnya, Kawasan hutan di kawasan Banjar Dinas Pala Sari, Desa Pemuteran, Kecamatan Grokgak, Buleleng mengalami kebakaran hebat, Selasa, 11 Juli 2023, sekitar pukul 17.00 wita. Di Kawasan ini, berdiri Pura Bukit Kursi yang berada di puncak ketinggian.Namun, pura ini aman dari kepungan api yang membakar Kawasan hutan.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Editor :I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts