Ratusan Titik WiFi Dipasang Dukung Program Kabupaten Cerdas

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemkab Buleleng akan kembali memasang Wifi di sejumlah fasilitas umum, daerah tujuan wisata (DTW), dan wantilan desa adat di Kabupaten Buleleng untuk mendukung program kabupaten cerdas. WiFi gratis tersebut, disediakan oleh pemerintah dalam program BSI (Bali Smart Island). Pihak swasta juga digandeng dengan menyediakan 44 titik WiFi gratis.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, penambahan lokasi yang dipasangi WIFI gratis ada sebanyak 111 titik. Jumlah tersebut kini sudah terpasang, sehingga kini titik yang terpasang WIFI gratis sebanyak 362 dari semula 215 titik. WIFI gratis tersebut, terpasang di desa adat sebanyak 169 titik, 51 titik pada DTW (daerah tujuan wisata), 86 fasilitas umum, dan 20 Puskesmas.

- Advertisement -

Adapun 326 titik WiFi gratis tersebut tersebar di 9 kecamatan, rinciannya 33 titik di wilayah Kecamatan Banjar, 50 titik di Kecamatan Buleleng, 41 titik di Kecamatan Sukasada, 35 titik di Kecamatan Tejakula, dan 35 titik di Kecamatan Sawan. Kemudian 32 titik di Kecamatan Seririt, 33 titik di Kecamatan Kubutambahan, 32 titik di Kecamatan Busungbiu, dan 35 titik di Kecamatan Gerokgak.

Kata Suwarmawan, penyediaan WIFI gratis tersebut merupakan program BSI yang digagas Gubernur Bali, Wayan Koster dan dananya bersumber dari BKK (Bantuan Keuangan Khusus) dan diturunkan ke kabupaten kota di Bali. Siapapun bisa mengakses dan memanfaatkan layanan di WiFi gratis yang disediakan di titik-titik tersebut.

“WiFi gratis menyasar Desa Adat, DTW, Puskesmas dan fasilitas umum. Diharapkan menguatkan desa adat dan budaya, meningkatkan perekonomian, kepariwisataan, kesehatan dan pengetahuan sesuai dengan potensi lokal. Ini penting sebagai salah satu infrastruktur ini dapat mempercepat proses digitalisasi dan menuju Buleleng Smart City,” terangnya, Rabu, 12 Juli 2023. 

Suwarmawan menambahkan, selain pemerintah, layanan WiFi gratis juga disediakan pihak swasta melalui program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR). Ada 44 titik WiFi gratis yang tersebar di 26 titik di Kecamatan Buleleng, Kecamatan Sawan 2 titik, dan Kecamatan Sukasada 4 titik.

- Advertisement -

“Ada juga di Kecamatan Kubutambahan 10 titik sudah aktif, 3 titik dalam proses, Kecamatan Seririt 9 sudah terpasang, 4 dalam proses, dan Kecamatan Banjar 3 terpasang, 2 dalam proses,” kata dia. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Editor   : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts