58.608 Lembar Surat Suara Dicetak untuk Pilkel

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mulai mendesain surat suara untuk pemilihan perbekel di Kabupaten Buleleng. Rencananya 58.608 lembar surat suara akan dicetak. Jumlah tersebut sudah melebihi 4 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 56.354 jiwa.

Pilkel serentak akan berlangsung pada pada tanggal 24 September mendatang. Beberapa desa yang akan menggelar pemilihan, Desa Sangsit Kecamatan Sawan, Desa Tukadmungga Kecamatan Buleleng, Desa Dencarik dan Desa Sidetapa Kecamatan Banjar.

- Advertisement -

Selanjutnya  Desa Sepang Kelod Kecamatan Busungbiu, Desa Pangkung Paruk Kecamatan Seririt, Desa Banyupoh, Desa Tukad Sumaga dan Desa Musi Kecamatan Gerokgak.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan, panitia pilkel selain menyiapkan desain juga sedang penjajakan terhadap rekanan yang akan mencetak surat suara. Jika desainnya telah selesai dikerjakan akan dilanjutkan dengan tahapan pengadaan,percetakan hingga pelipatan surat suara nantinya.

“Kami siapkan anggaran Rp 700 juta untuk seluruh tahapan. Pilkel nantinya akan diikuti oleh 35 calon dari,” ungkap Sumpena.

Dari total 35 orang calon Pilkel di 11 desa sudah ada 29 orang calon di 10 desa yang ditetapkan panitia pilkel di masing-masing desa. Sedangkan 6 calon lainnya di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Buleleng masih menunggu tahapan seleksi tambahan karena ada 6 calon. 

- Advertisement -

Rencananya seleksi tambahan akan berlangsung pada tanggal 28 Juli mendatang kemudian di awal Agustus akan ditetapkan nomor urut calon.

“Kami berharap pilkel serentak bisa berjalan lancar sampai pelantikan serentak yang rencananya akan digelar pada 29 November mendatang” pungkasnya. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

Editor     : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts