Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Penimbangan

Singaraja, koranbuleleng.com | Para penyelam dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari mengibarkan bendera merah putih di bawah laut wilayah perairan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Kamis 17 Agustus 2023 pagi.

Ketua Pokmaswas Pantai Penimbangan Gede Wiadnyana mengatakan, aksi pengibaran kegiatan ini dilakukan oleh 17 orang penyelam dari Pokmaswas Penimbangan Lestari. 

- Advertisement -

Pengibaran di lakukan pada kedalaman 8 meter dengan 17 bendera yang dibawa masing-masing penyelam dan 1 bendera dikibarkan bersama. 

“Sore hari kami turunkan kembali benderanya,” ujarnya.

Dia menyebut, pengibaran bendera merah putih di bawah laut, juga sebagai upaya menggelorakan semangat konservasi alam bawah laut.

“Selain pengibaran bendera di bawah laut, kami juga melakukan bersih pantai dan pelepasan 78 ekor tukik ke laut lepas” ujar Wiadnyana.

- Advertisement -

Tukik yang dilepasliarkan merupakan jenis lekang yang merupakan hasil konservasi telur penyu yang ditemukan di sekitar Pantai Penimbangan.

Hingga pertengahan Agustus 2023 ini, pihaknya telah mengamankan 3560 butir telur penyu yang dievakuasi dari 37 sarang. Sebagian besar telur tersebut telah menetas dan dilepas kembali ke laut.

Kegiatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pantai Penimbangan kemarin juga diikuti Dinas Perikanan dan Kelautan Bali, BKSDA Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng, Dinas Pariwisata Buleleng, BPSPL Denpasar, Jurusan Kelautan Undiksha, TNI-Polri serta masyarakat setempat. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts