Jabatan Diperpanjang, Lihadnyana Pangkas Anggaran Belanja Perangkat Daerah untuk Infrastruktur

Singaraja, koranbuleleng.com| Ketut Lihadnyana kembali diberi mandat untuk meneruskan jabatannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, hingga jangla wakti satuntahun ke depan. Penyerahan Surat Keputusan (SK) perpanjangan jabatan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tersebut, diserahkan langsung Gubernur Bali Wayan Koster di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Gedung Kesenian Gde Manik ini salah satu yang dibanggakan oleh dia. Lihadnyana mengubah secara fisik interior dari gedung kesenian dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan acara atau seremonial di dalam ruangan.

- Advertisement -

Lihadnyana mengatakan, pada periode kedua menjabat sebagai Pj Bupati Buleleng, akan memfokuskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan infrastruktur. Saat ini banyak jalan di Kabupaten Buleleng mengalami kerusakan yang cukup parah namun anggaran sangat terbatas.

Salah satu solusinya adalah Lihadnyana menyebut melakukan efisiensi anggaran terhadap belanja operasional di perangkat daerah. “Anggaran tentunya terbatas, sehingga harus melakukan efisiensi belanja operasional di perangkat daerah. Beli ATK, makan minum kita kurangi. Lebih fokus ke infrastruktur sama bedah rumah pada orang miskin,” ujar Lihadnyana ditemui usai menerima SK perpanjangan jabatan di Gedung Gde Manik Singaraja.

Pemkab Buleleng saat ini telah merencanakan pemberian bedah rumah terhadap 278 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam kemiskinan ekstrim. Kata Lihadnyana, pemberian bantuan bedah rumah terhadap ratusan KK tersebut, akan dituntaskan pada tahun ini. Nantinya dalam pengerjaan bedah rumah tersebut, pengerjaanya akan dibantu personal TNI dan Polri.

Selain itu, rencana perbaikan juga akan dilakukan terhadap Gedung Mr. I Gustu Ketut Puja, yang berada di kawasan Pelabuhan Tua Buleleng. Gedung tersebut, saat ini mengalami kerusakan di sejumlah sisi. “Untuk 278 KK yang masih tersisa, kita tuntaskan tahun ini bersama TNI dan Polri. Gedung eks Imaco kita juga mau revitalisasi, kalau tidak di perubahan tahun depan sudah pasti,” kata dia.

- Advertisement -

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, kembali Lihadnyana untuk menjadi Pj Bupati Buleleng karena kinerja yang ditunjukan selama menjadi kepala daerah dilihat bagus. Sehingga Mendagri menetapkan Lihadnyana tetap menjadi Pj Bupati dalam satu tahun kedepan.

“Kerjanya bagus benar dan cepat. Kerja Pj ini, dipantau ketat oleh Mendagri. Setiap tiga bulan dipantau. Apa yang dilakukan dalam 6 bulan bagus, enam bulan kedua bagus,” katanya.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts