18 Pimpinan Parpol dan Forkompimda Tandatangani Plakat Pemilu Damai

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 18 pimpinan partai politik (parpol) yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) menandatangani plakat Deklarasi Pemilu Damai 2024, Selasa 29 Agustus 2023. Selain itu, Pj Bupati Buleleng beserta Forkompimda Buleleng juga menandatangani dalam plakat yang sama.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengajak seluruh pihak untuk mematuhi Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang sudah diucapkan dan ditandatangani.

- Advertisement -

“Peserta pemilu 2024 untuk bersama-sama melaksanakan pemilu yang bermartabat,” ujar Lihadanyana

Lihadnyana menambahkan, Pemilu merupakan sebuah pesta demokrasi. Untuk itu harus dilaksanakan dengan sukacita. Untuk bisa mencapai sukacita tersebut, seluruh pihak harus menghormati satu sama lain. 

Termasuk menghormati deklarasi damai yang telah diucapkan dan ditandatangani. Lihadnyana juga menginginkan agar deklarasi yang ditandatangani tersebut untuk diperbanyak dan dipasang di masing-masing kantor parpol peserta pemilu 2024. 

“Seluruh anggota parpol tersebut juga mengetahui dan mematuhi deklarasi damai yang dibuat. Termasuk dipasang di kantor KPU dan Bawaslu. Bilamana perlu kita juga akan bantu memasangnya di tempat-tempat umum,” jelasnya.

- Advertisement -

Lihadnyana juga mengajak seluruh pihak untuk menempatkan Kabupaten Buleleng sebagai kepentingan yang utama. Tidak lagi memikirkan suatu golongan atau kelompok. Jika Kabupaten Buleleng dijaga dan ditempatkan sebagai kepentingan yang utama, maka bisa dipastikan pemilu 2024 akan berjalan dengan damai, berintegritas dan lancar. 

Mengenai netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), merupakan harga mati bagi ASN. Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga menegaskan tentang netralitas ASN pada pemilu 2024. Netralitas ASN menjadi yang utama untuk dilakukan dan dipastikan berjalan.

“Apabila ini tidak dilakukan, maka ketidaknetralan seorang ASN akan menjadi pemicu suatu konflik dalam pemilu nanti,” tutup Lihadnyana. 

Sementara itu, Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana berharap penandatanganan deklarasi menjadi momentum bagi masing-masing pihak untuk menyadari bahwa kedamaian masyarakat adalah yang utama.

“KPU Buleleng akan bekerja sesuai regulasi untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan lancar, serta menjaga integritas dan transparansi proses demokrasi,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts