Era Digital, Guru SD Wajib Pahami TIK

Singaraja, koranbuleleng.com ꟾ Sebanyak 24 guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Buleleng mendapatkan pelatihan pemanfaatan ilmu teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Buleleng, 29-30 Agustus 2023.

Kepala Diskominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, materi pelatihan yakni pembelajaran penggunaan aplikasi berbasis internet, pembuatan materi pembelajaran interaktif dan pembelajaran kreatif berbasis internet. Kegiatan yang diikuti sebanyak 24 guru tersebut menghadirkan instruktur pelatihan, Aditya Kusuma Wardana.

- Advertisement -

Tujuan dari pelatihan untuk meningkatkan pemahaman kepada para guru untuk meningkatkan ilmu teknologi dan digitalisasi yang nantinya bisa diketok tularkan pada anak didiknya di sekolahnya nanti.

“Sekarang ini, anak-anak sudah melek akan teknologi. Mungkin dengan materi yang kita berikan pada hari ini, para guru bisa mengarahkan kepada anak didiknya ilmu teknologi secara benar dan bermanfaat,” kata Suwarmawan.

Dia menekankan, ilmu yang didapatkan para peserta agar bisa diteruskan secara umum, dan mudah dipahami oleh anak didiknya. Selain itu, kepada para guru untuk mengikuti pelatihan secara sungguh-sungguh dan menyerap segala ilmu yang didapat nanti dengan harapan bermanfaat pada satuan pendidikan di lingkungannya masing-masing.

Sementara itu, satu guru dari SD 3 Tigawasa I Kadek Agus Sudiandika mengatakan, jika pelatihan yang diberikan materinya menyesuaikan dengan teknologi di jaman sekarang. Dia pun berharap, pelatihan ini bisa terus dikembangkan dan dijadwalkan dan rutin dilaksanakan setiap bulannya.

- Advertisement -

“Materi yang di dapat tentunya akan bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan. Tentu nanti saya akan terapkan di sekolah,” terang dia.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts