Kemenko Perekonomian Bangun Kemitraan Agribisnis Closed Loop untuk Kesejahteraan Petani Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menggelar Launching Program Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura sekaligus Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan dilanjutkan dengan Panen Cabai dan Bawang Merah yang bertempat di Subak Lanyahan Bila. Desa Bila, Kecamatan Kubutambahan, Rabu 13 September 2023. 

Launcing Program Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura di Kabupaten Buleleng ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Horkitukura Yuli Sri Wiranti didampingi oleh Penjabat Bupati Buleleng yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Made Sumiarta.

- Advertisement -

Closed Loop merupakan program kemitraan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Kadin dan IPB dengan melibatkan berbagai institusi baik pemerintah dan swasta. Program ini merupakan pengembangan agribisnis dari hulu hingga hilir agar tercipta efisiensi yang berdaya saing dan berkelanjutan. 

Kemitraan closed loop agribsinis

hortikultura yang dibangun dengan kolaborasi seluruh pihak ini akan memberikan efisiensi biaya, peningkatan produktivitas, kemudahan akses agroinput, serta kemudahan pembiayaan dan pemasaran dalam rantai pasok yang berkesinambungan.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Yuli Sri Wiranti mengatakan bahwa program ini adalah menyambungkan hulu dan hilir bagaimana petani mendapatkan akses pasar untuk menjamin keberlanjutan produksinya. 

- Advertisement -

“Kita bangun ekosistem hulu hilir ini dengan menggandeng seluruh mitra kerja terkait pengadaan bibit, pupuk hingga pendampingan kepada petani dan disambungkan dengan bayer untuk memastkan kepastian harga,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan dengan adanya ekosistem kegiatan ini niscaya para petani akan meningkatkan produktifitas. Dengan meningkatnya produktifas otomatis para petani penghasilannya akan meningkat dan usahanya akan lebih luas.

“Jadi itu harapan kami. Ketersedian pasokan tercukupi, karena kita sudah tau kebutuhan dipasar berapa dan yang diproduksi berapa. Mudah-mudahan tidak ada kekurangan dari sisi pasokan,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Made Sumiarta mengatakan launching close loop yang merupakan kemitraan agribisnis hulu sampai hilir melibatkan multistakeholder terkait dengan produk pertanian, dilakukan dengan pola kolaborasi agar mampu mengendalikan komoditas pemicu inflasi.  

Sumiarta menuturkan tahun ini Buleleng mendapatkan tempat untuk Closed Loop seluas 60 are dan direncanakan di Tahun 2024 kedepan seluas  10 hektar lahan akan disiapkan untuk penanaman khususnya produk pemicu inflasi seperti cabai, bawang merah dan bawang putih.

“Kita akan alokasikan untuk kecamatan Kubutambahan seluas 3 hektar dan sisanya ada didesa tambakan kurang lebih 7 hektar,” sambungnya.

Kerjasama ini akan melibatkan banyak stakeholder dari hulu hingga hilir, dimana dari sektor hulu pelaksanaan kerjasamanya dengan menggandeng stakeholder terkait seperti penyedia pupuk,bibit dan lain sebagainya. Sedangkan hilirnya akan berkerjasama dengan Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas)

“Mereka akan memfasilitasi produk produk yang dihasilkan dari Buleleng yang sudah barang tentu juga akan melibatkan kerjasama dengan perusahaan daerah,”ucapnya.

Kerjasama ini diharapkan akan mampu mengkolaborasikan seluruh perusahaan daerah di Bali. Sesuai dengan arahan dari Bupati perusahaan daerah harus mampu memfasilitasi dan mendistribusikan sehingga kestabilan selalu terjaga.

Sumiarta menerangkan setiap daerah memiliki tekstur tanah yang berbeda-beda, tetapi untuk di Buleleng sendiri lebih cocok menggunakan pohon cabai varietas Dewata atau Bhaskara dan untuk pohon bawang cenderung dengan varietas bawang Sanren.

“Kita akan terus evaluasi setelah masa panen karena kembali lagi kecocokan jenis tanaman tergantung dari tekstur tanah di masing-masing daerah,” terang dia.

Untuk diketahui Kabupaten Buleleng dan Tabanan merupakan dua kabupaten di Provinsi Bali yang siap mengimplementasikan dan launching Program Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura. (*) 

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts