Puluhan Pelajar SD Unjuk Puisi di Singaraja Literary Festival  

Singaraja, koranbuleleng.com | Puluhan siswa sekolah dasar mengikuti lomba membaca puisi tingkat SD se-Bali, serangkaian acara Singaraja Literary Festival atau SLF 2023 yang dilaksanakan oleh Komunitas Mahima di Sasana Budaya, Jumat 29 September 2023.

Lomba ini digelar untuk mengembangkan keterampilan berbicara, kemampuan interpretasi puisi, dan kepercayaan diri anak-anak ini menarik perhatian banyak pihak. Para peserta menampilkan puisi-puisi pilihan mereka sendiri di hadapan dewan juri dan penonton yang hadir.

- Advertisement -

Penggagas acara Singaraja Literary Festival, Kadek Sonia Piscayanti mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa membangkitkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Buleleng terhadap sastra.

“Festival ini mengangkat kesusastraan, Singaraja di masa lalu adalah pusat intelektualisme bangsa. Kita berharap melalui kegiatan sastra ini bertujuan untuk meningkatkan kembali kekuatan Buleleng sebagai pusat sastra,” ungkap Sonia.

Salah satu Pembina peserta dari SD Negeri 4 Bebetin, Ketut Trisnayanti mengaku melakukan persiapan yang matang untuk mengikuti lomba baca puisi ini. Sekolah sangat mendukung siswa untuk mengikuti lomba agar siswa memahami makna puisi, intonasi yang tepat, serta ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi yang dibacakan.

“Kegiatan pembimbingannya itu menghafal terlebih dulu, setelah itu kami arahkan untuk menguasai teks, mereka diberikan gaya tubuh agar sesuai dengan teksnya. Sekolah kami sangat mendukung kegiatan ini karena kebetulan sekolah kami sekolah penggerak,” ungkapnya.

- Advertisement -

Pada akhir acara, dewan juri yang terdiri dari para profesional dalam bidang sastra dan pendidikan memberikan penilaian atas penampilan masing-masing peserta. Tidak hanya mengevaluasi kemampuan membaca, dewan juri juga menilai pemahaman peserta tentang makna puisi yang dibacakan. Penilaian ini mendorong anak-anak memahami dan mengapresiasi puisi sebagai bentuk seni tulis yang indah.

Sebanyak 55 peserta dari 32 Sekolah Dasar telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Setelah penilaian oleh dewan juri, telah di dimumkan para juaran. Juara 1 adalah Luh Laksmi Putri Maharani (SD Dana Punia) dengan skor 261, Juara 2 adalah Marvlynia Devani Naramessakh (SD Negeri 3 Bungkulan) dengan skor 256, dan Juara 3 adalah Kadek Widya Febriana (SD Negeri 3 Bungkulan) dengan skor 254.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat terus digelar untuk mendukung perkembangan literasi di kalangan anak-anak. Minat baca yang dibangun sejak dini akan menjadi landasan yang kuat bagi perkembangan akademis dan pribadi mereka di masa depan. (tim)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts