Guru di Buleleng Mulai Terapkan Metode Gasing

Singaraja, koranbuleleng.com | Puluhan Guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Buleleng mulai menerapkan metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan atau Gasing. Metode ini adalah metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Buleleng, Made Astika mengatakan, pemerintah telah bekerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya mengadakan pelatihan program pandai berhitung dengan metode Gasing dalam upaya meningkatkan literasi dan numerasi.

- Advertisement -

Pelatihan itu diikuti oleh 32 guru penggerak dan 64 orang siswa yang bertempat di Gedung Aula SD 3 Banjar Jawa Singaraja, Senin 2 Oktober 2023. Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari kedepan.

Dalam kegiatan ini akan dibentuk tim manajemen sebanyak 7 orang yang akan dibagi menjadi 3 blok yaitu wilayah barat, tengah dan timur. Seluruh satuan pendidikan akan menjadi sasaran pelatihan yang akan dituntaskan di tahun 2023.

“Anak-anak akan diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Bisa dilakukan dengan cara bermain ataupun bernyanyi sambil bisa meningkatkan literasi kepada siswa,” ucapnya

Di hadapan puluhan guru yang akan mengikuti pelatihan, pihaknya berpesan agar diikuti secara tekun dan intens sehingga nantinya akan ada hasil dari pelatihan.

- Advertisement -

“Ini akan terus dievaluasi untuk dapat meningkatkan literasi numerasasi di Buleleng” imbuh Astika

Sementara itu, Trainer Gasing dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, Dwi Septi Oktaviana menyebut, program metode Gasing tidak hanya mengajarkan menghitung Matematika namun mengajarkan komunikasi, kolaborasi dan kebudayaan yang akan diterapkan dalam pembelajaran tersebut.

Diharapkan, kepada peserta baik Guru dan Siswa mampu mengubah paradigma belajar matematika sehingga tidak menjadi momok bagi siswa. 

“Melalui metode ini mampu merubah pola pikir siswa bahwa pembelajaran matematika menjadi gampang, asyik dan menyenangkan”ungkapnya.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Pewarta : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts