Buleleng Resmi Ujicoba Arkas 4.0

Singaraja, koranbuleleng.com | Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., membuka secara resmi kegiatan uji coba ARKAS 4.0 Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) di Hotel Grand Surya & Waterpark Bali, Rabu 4 Oktober 2023.

ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) adalah sistem yang disediakan oleh Kemdikbudristek berbentuk aplikasi yang dapat diinstal di perangkat komputer milik satuan pendidikan. ARKAS dikembangkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah pendidikan (BOSP).

- Advertisement -

Kadisdikpora mengucapkan terima kasih karena beberapa lembaga di Kabupaten Buleleng menjadi sampel Uji Coba Arkas 4.0 BOSP PAUD dan Kesetaraan untuk meningkatkan akuntabilitas tata kelola administrasi perencanaan dan pelaporan dana bantuan khususnya BOSP.

Sesuai dengan data pokok pendidikan (Dapodik) lembaga PAUD berjumlah 271 lembaga dan Kesetaraan berjumlah 11 lembaga. Data penerima BOP Reguler PAUD Kabupaten Buleleng 249 lembaga, Penerima BOP Kinerja 11 lembaga, sedangkan untuk BOP Reguler Kesetaraan ada 9 lembaga, Penerima BOP Kesetaraan Kinerja berjumlah 3 lembaga. “Hal ini menunjukkan lembaga di Kabupaten Buleleng memiliki kinerja yang sangat baik di dalam memanfaatkan pengelolaan dana bantuan yang diberikan.” terang Astika. 

Astika berpesan agar para peserta lebih tekun mengikuti kegiatan ini. Diharapkan jenjang PAUD dan Kesetaran, dua belas lembaga yang terpilih baik negeri maupun swasta dapat menjadi umpan balik dalam penyempurnaan aplikasi yang nantinya akan dirilis dan dapat lebih meringankan beban satuan pendidikan dalam pelaksanaan perencanaan dan pelaporan untuk administrasi pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan yang diterima.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Kemendikbudristek. 

- Advertisement -

Perlu diketahui bersama bahwa Kabupaten Buleleng menjadi Kabupaten pertama di Bali yang disasar dalam Uji Coba Arkas 4.0 BOSP PAUD dan Kesetaraan. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 6 Oktober 2023 dengan beberapa penyampaian materi diantaranya untuk tahap pertama  ada Registrasi, Menyusun Kertas Kerja, Mengulas Kertas Kerja, Tanya Jawab dan Survey Pasca Uji Coba serta di hari kedua BKU, Pergeseran, Perubahan, dan mengirim bukti laporan pajak.

Dalam kegiatan ini turut hadir Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Made Sri Suparmi didampingi Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd. (*/adv-dik).

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts