Pelabuhan di Buleleng Dikontrol Ketat

Singaraja, koranbuleleng.com| Polres Buleleng perketat pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, dan sejumlah pelabuhan rakyat, untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yang berlangsung pada Selasa, 10 – 11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Badung.  

Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Darma Diatmika mengatakan, pengaman di pintu-pintu masuk itu dilakukan melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).  Kegiatan ini diisi dengan patroli di pintu masuk Bali melalui wilayah Buleleng. Pemeriksaan dilakukan terhadap barang maupun orang yang masuk di pelabuhan.

- Advertisement -

Kegiatan patroli juga digelar di perairan yang melibatkan Satuan Polairud dan TNI AL. AKP Diatmika menambahkan, hasil patroli sejauh ini situasi dianggap kondusif. Aparat kepolisian juga melakukan razia di jalanan maupun terhadap penduduk pendatang (duktang). Hal ini untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

“Patroli malam hari maupun di pelabuhan kami tingkatkan. Untuk menjaga situasi selama pelaksanaan KTT ini agar berjalan dengan lancar. Hasilnya kami tidak temukan potensi gangguan keamanan. Patroli kami gelar setiap hari dan berjalan lancar,” ujarnya Selasa siang. 

Diatmika menyebut, selain peningkatan penjagaan di pintu-pintu masuk Bali di wilayah Buleleng. 122 orang personel Polres Buleleng juga ikut ditugaskan dalam pengamanan KTT AIS terdiri dari 70 orang personel Satuan Lalu Lintas dan 52 personel satuan lainnya. Penerjunan personel sudah dilakukan sejak Minggu, 8 Oktober hingga Jumat, 13 Oktober 2023 mendatang.

Kata Diatmika, para personel itu, akan mendukung sepenuhnya jalannya konferensi. Mulai dari pengamanan pos hingga jalannya rute perjalanan pimpinan negara dan rombongan. Bahkan, pengamanan kawasan sekitaran lokasi acara. Pengamanan itu untuk backup Polda Bali. 

- Advertisement -

“Membackup jalur-jalur yang akan dilewati delegasi pemerintahan, maupun mengamankan selama pelaksanaan konferensi. Jadi sudah terbagi-bagi,” kata dia. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts