45 Atlet Buleleng Dipastikan Melaju ke PON Aceh Sumut 

Singaraja, koranbuleleng com | Sebanyak 45 atlet asal Buleleng, Bali dipastikan akan memperkuat Kontingen Bali pada PON Aceh Sumut 2024. 45 atlet tersebut sudah resmi lolos dalam seleksi Babak Kualifikasi PON Aceh Sumut yang digelar secara terpisah di sejumlah kota di Indonesia. 

Pada PON Papua, Atlet Buleleng yang memperkuat Kontingen Bali kala itu berjumlah 20 orang atlet, dan lima orang pelatih.  Peningkatan jumlah atlet yang berlaga pada PON Aceh Sumut menjadi catatan membanggakan dalam bidang pembinaan dan pembibitan atlet dari masing-masing Pengurus Kabupaten seluruh cabang olahraga dibawah naungan KONI Buleleng. 

- Advertisement -

Dalam Rapat Kerja KONI Kabupaten Buleleng di awal tahun 2023, KONI Buleleng telah berkomitmen agar atlet-atlet Buleleng harus lebih banyak memperkuat Kontingen Bali di PON Aceh Sumut dibandingkan PON sebelumnya. 

“Jika dalam Porprov Bali jumlah atlet kita ramping tetapi di PON Aceh Sumut, kita sudah berkomitmen atlet Buleleng harus mampu mendominasi kontingen Bali. Jumlahnya harus lebih banyak,“ kata Ketua Umum KONI Buleleng, Ketut Wiratmaja, Selasa 31 Oktober 2023.

Wiratmaja juga sangat mengapresiasi kerja dari masing-masing Pengkab Olahraga di Buleleng yang sudah bekerja keras meloloskan atlet Buleleng untuk mewarnai PON Aceh Sumut. Dia berharap, kerja keras ini terus ditingkatkan dan terus mencetak atlet-atlet berprestasi. 

Sejumlah cabang olahraga yang sudah dipastikan mengirimkan atletnya menuju PON Aceh Sumut 2024, diantaranya, IWbA (9 atlet), PCI (7 atlet),  POSSI (2 atlet), Perbasasi (3 atlet), FOPI (1 atlet), MI (1 atlet), Perbakin (1 Atlet), Pergatsi (3 Atlet), Perkemi (3 Atlet),  PTMSI (3 atlet), IPSI (1 Atlet), FASI (1 atlet), Kick Boxing (1 Atlet), FORKI (1 atlet), ABTI (4 atlet), Pelti (1 atlet), Wushu (1 atlet), TI (2 atlet). 

- Advertisement -

Saat ini, empat atlet PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) Kabupaten Buleleng juga sedang menjalani BK PON, 4 atlet Futsal Putra Buleleng juga akan menjalani BK PON di Nusa Tenggara Timur,  2-5 Nopember 2023.  Sementara beberapa cabang olahraga masih menunggu jadwal BK PON hingga Nopember 2023.

Selain atlet, dua orang wasit dari Buleleng yakni dari IPSI atas nama Dewa Made Wiratma dan wasit dari IWbA, I Kadek Nuprianta Putra lolos untuk ditugaskan menjadi wasit pada PON Aceh Sumut 2024. 

Sementara, dua atlet taekwondo andalan Buleleng Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri dan Kadek Ristina Indriani berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh Sumut. 

Kepastian tersebut didapat setelah keduanya melalui Babak Kualifikasi (BK) PON cabang olahraga (cabor) taekwondo yang digelar dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2023 di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta Timur. 

Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri berlaga pada kelas kyorugi (tanding) Under 49 kilogram putri. Sedangkan, Kadek Ristina Indriani bertanding pada kelas kyorugi Under 62 kilogram putri. 

Kadek Ristina Indriani saat dikonfirmasi, Selasa (31/10) mengungkapkan rasa bangga dan senangnya bisa meraih tiket ke PON XXI. Atlet yang akrab dipanggil Tina ini mengaku tidak menyangka bisa meraih tiket. Dalam BK PON, Tina berhasil mengalahkan atlet dari Sulawesi Utara dan Jambi. Dua kemenangan dari lima pertandingan tersebut cukup mengantarkan Tina meraih tiket PON XXI 2024 Aceh Sumut.

“Selanjutnya tinggal menunggu panggilan untuk menjalani pemusatan latihan di Denpasar menuju PON XXI 2024 Aceh Sumut,” ungkapnya.

Senada dengan Tina, Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri yang akrab disapa April merasa sangat bangga atas raihan tiket tersebut. Apalagi ini merupakan impian dari pelatih agar ada atlet taekwondo Buleleng yang berlaga di BK PON dan juga berhasil meraih tiket PON. Berbeda dengan Tina, April bertanding empat kali. Dari empat kali pertandingan, April hanya berhasil menang sekali melawan atlet asal Riau. Namun, dengan kemenangan tersebut sudah cukup untuk mengantarnya meraih tiket PON.

“Target selanjutnya adalah naik podium di PON. Astungkara bisa tercapai. Yang penting berikan yang terbaik dulu,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata menyebutkan capaian ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi atlet dan juga taekwondo Buleleng untuk tampil di tingkat nasional. Tina dan April diharapkan bisa mempersiapkan diri lebih baik agar bisa berprestasi. Tentunya di bawah bimbingan Pengurus Provinsi (Pengprov) TI Bali dan dukungan dari KONI Buleleng serta Pengkab TI Buleleng. 

“Nantinya sinergi juga akan dilakukan dengan Pengprov TI Bali agar para atlet dari Bali bisa menorehkan prestasi yang gemilang di PON XXI tahun 2024,” sebut Surya Bharata. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts