DPRD Buleleng Rancang Perda Pengembangan UMKM dan Produk Lokal

Singaraja, koranbuleleng.com| DPRD Buleleng dengan eksekutif tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pemberdayaan Dan Pengembangan UMKM Serta Perlindungan Produk Lokal. Rancangan perda itu, disebut akan memberdayakan produk hasil Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna mengatakan, Ranperda yang tengah dibahas ini akan menunjang pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas. Pelaku UMKM akan berkompetisi secara adil untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

- Advertisement -

“Pemerintah Daerah melalui Perda yang dibahas hari ini akan mengakomodir dari sisi regulasi. Kita berharap produk UMKM yang ada di Buleleng ini bisa diserap oleh toko-toko modern yang ada,” ujar Supriatna, Senin 6 November 2023.

Sementara, Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan, nantinya pemerintah juga akan mengatur agar toko modern wajib menampung produk UKM. Sebelum hal itu diterapkan, akan mengundang dan bertemu dengan manajemen toko online untuk membicarakan terkait kebijakan ini. 

Rancangan perda tersebut juga akan memuat substansi tentang toko ritel modern yang wajib menjual produk UMKM dan juga sanksinya jika melanggar. Menurutnya, kebijakan dalam perda ini akan berdampak amat baik bagi UMKM dan perekonomian Kabupaten Buleleng

“Jika toko ritel modern menyerap produk-produk UMKM, itu akan bagus. Lebih bergairah, lebih cepat perputaran ekonomi,” katanya.

- Advertisement -

Lihadnyana menyebut, saat ini UMKM di Buleleng sudah dikurasi. Selain itu, saat ini juga dilakukan klasifikasi kelas UMKM untuk memudahkan implementasi strategi program UMKM naik kelas. Pemasarannya juga sudah harus menggunakan digital. 

“Tugas pemerintah daerah adalah menyiapkan dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk memasarkan produk-produk UMKM,” ucapnya. 

Saat ini tercatat ada 67.000 lebih UMKM di Kabupaten Buleleng. Seluruhnya sudah diklasifikasikan baik pada kelas pemula, berkembang, dan sebagainya. Targetnya, UMKM semakin naik kelas dan bisa memberi dampak signifikan pada perekonomian Kabupaten Buleleng. (*)

Editor  : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts