Tunggu Izin, Cath Lab RSUD Buleleng Siap Beroperasi

Singaraja, koranbuleleng.com| RSUD Buleleng dalam waktu dekat akan membuka Catheterization Laboratory (Cath Lab), untuk pelayanan pemasangan pasien jantung dan pemeriksaan pembuluh darah di otak untuk penderita stroke. Pembukaan Cath Lab, saat ini tengah menunggu izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Buleleng dr Putu Arya Nugraha mengatakan, pengurusan izin ke Kemkes dilakukan, karena dalam penggunaannya Cath Lab tersebut akan menggunakan radiasi. Selain pengurusan ijin operasional, juga tengah dilakukan pengurusan kerjasama dengan pihak BPJS terkait pembayaran pasien.

- Advertisement -

Pembangunan Cath Lab yang dibangun di gedung Unit Gawat Darurat (UGD) lama tersebut, saat ini sudah rampung. Di bangunan berukuran 341 M2 tersebut, saat ini sudah terpasang alat Cath Lab dan beberapa ruangan lainnya yang digunakan untuk penanganan pasien. Pihak rumah sakit pun, telah melakukan uji coba terhadap alat tersebut.

“Harapan kita akhir tahun ini, Desember 2023 sudah jalan. Uji coba alat sudah, kalau belum uji coba belum serah terima dari vendor. Tinggal menunggu izin, sudah diajukan melalui online,” ujar Arya Nugraha, Selasa, 21 November 2023.

Arya Nugraha menyebut, nantinya setelah beroperasi Cath Lab tersebut bisa melayani 5 pasien untuk kateterisasi jantung. Dalam ruang pelayanan tersebut akan dua dokter yang berjaga. Kedua dokter tersebut, yakni dr Kiki Wulandari dokter spesialis jantung dan dokter spesialis intervensi otak Dr Luh Putu Lina Kamelia.

Dimana dr Kiki Wulandari, telah menuntaskan pelatihannya di RSU Saiful Anwar Malang. Sedangkan Dr Luh Putu Lina Kamelia juga sudah menuntaskan pendidikan khususnya di RSU daerah Makassar selama setahun penuh. “Adu dua dokter yang akan standby disana. Kedepannya kita akan sekolahkan dulu untuk dokter bedah dada dan pembuluh darah, dan dokter kardiovaskular. Nanti seperti rumah sakit tipe B di daerah lain,” kata dia. (*) 

- Advertisement -

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts