15 Perbekel Terpilih Dilantik

Singaraja, koranbuleleng.com | Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana melantik 15 Perbekel terpilih hasil pemilihan perbekel serentak tahun 2023, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Rabu, 29 Novber 2023.

Perbekel terpilih meliputi Kecamatan Gerokgak terdiri dari Perbekel Tukadsumaga, Musi, Banyupoh, Patas. Untuk Kecamatan Seririt terdiri dari Perbekel Pangkungparuk, dan Patemon. Kecamatan Banjar terdiri dari Perbekel Sidatapa dan Dencarik. 

- Advertisement -

Kecamatan Busungbiu terdiri dari Perbekel Sepang Kelod. Kecamatan Buleleng terdiri dari Perbekel Tukadmungga. Kecamatan Sawan terdiri dari Perbekel Sangsit dan Bungkulan. Kecamatan Tejakula terdiri Perbekel Sembiran, Bondalem dan Tembok.

Para Perbekel yang dilantik diharapakan dapat menjawab tantangan pembangunan desa yang semakin komplek, serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat desa. 

Ketut Lihadnyana juga menyampaikan penekanan terhadap Perbekel terkait beberapa indikator percepatan pembangunan desa yang harus dilakukan perbekel selaku pemerintahan. Indikator ini yakni, penurunan Stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pemenuhan pangan, pembangunan infrastruktur, dan pendataan masyarakat kurang mampu yang tercecer dan tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut dikatakan sebagai parameter kinerja Pemerintahan Desa untuk mendapatkan insentif anggaran tambahan pendapatan desa. “Pemkab Buleleng memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang arah penggunaannya adalah percepatan pelayanan publik di desa. Sehingga diharapkan mampu mempercepat pembangunan di desa,” tegasnya.  

Lihadnyana mengingatkan juga Perbekel memiliki kedudukan yang strategis dalam proses pembangunan di daerah. Perbekel memiliki sebuah entitas pemerintahan sama dengan kabupaten dan provinsi. UU No 6, mengamanatkan bahwa kedudukan desa adalah mampu mengelola sumber daya di desa.

- Advertisement -

“Tugas Pemerintahan Desa adalah melaksanakan urusan pemerintahan, melaksanakan urusan pembangunan, melaksanakan urusan pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kepada masyarakat. empat urusan ini menjadi tugas pokok  dari perbekel selaku kepala pemerintahan dan selaku kepala wilayah,” jelasnya.

Selain itu, Pj. Bupati Lihadnyana mengatakan, perbekel harus dapat mendekatkan pelayanan, mengelola sumber daya yang ada termasuk anggaran. Seyogyanya pembangunan itu lebih cepat ada di desa sebagai cerminan kemajuan dari kabupaten itu sendiri.

 “Oleh karena itu kebijakan yang saya ambil dalam konteks pembangunan di Kabupaten Buleleng ialah lebih mendorong pembangunan di Pemerintahan Desa. Oleh karenanya di dalam merumuskan perencanaan pembangunan di desa, apa yang dilakukan di desa harus sejalan dengan apa yang dilaksanakan di Kabupaten Buleleng,” katanya.

 Perbekel diminta untuk terus membaca aturan dan norma yang ada. Karena di desa itu sendiri banyak instrument norma hukum yang harus diketahui. Dalam konteks urusan pemerintahan lebih banyak mengatur adalah Kemendagri. Sedangkan dalam konteks pemberdayaan pembangunan, itu adalah menggunakan Dana Desa dengan bersandar pada payung hukum Kementerian Desa.

“Saya berpesan, jangan sampai pengelolaan anggaran untuk sebuah pembangunan dilaksanakan dimanfaatkan untuk hal hal diluar dari ketentuan yang ada,” pesannya.

Dalam acara tersebut, hadir pula Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH., Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd., FKPD Buleleng, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng dan Camat se-Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, Dewa Ketut Wiliasmawan Perbekel Desa Tembok dilantik mengaku akan menjalankan beberapa strategi yang akan dilakukan untuk mengelola desa kedepan. Diantaranya, peningkatan lapangan pekerjaan bekerja sama dengan beberapa investor, melengkapi gizi kepada anak dengan melalui posyandu.

Selain itu, perkembangan digitalisasi juga diperhatikan dengan memaksimalkan tower bambu yang sebelumnya sudah didirikan melalui bantuan investor yang nantinya akan dikembangkan dengan posisi titik kawasan internet yang lebih luas lagi.

“Akan maksimalkan program yang sedang berjalan. Bahkan akan dikembangkan lagi lewat berbagai inovasi, semoga saya bisa mengemban tugas ini” pungkasnya.(*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts