Surat Suara DPR RI Tiba di Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 1.251 kotak surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tiba di Kabupaten Buleleng, Selasa 28 November 2023 malam. Pengawalan ketat dari pihak kepolisan dilakukan saat pengiriman surat suara dari kota Denpasar ke Buleleng.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan, Buleleng saat ini mendapat prioritas utama pendistribusian surat suara, mengingat jumlah pemilihnya mencapai 600 ribu lebih. 

- Advertisement -

“Surat suara didistribusikan oleh PT. Temprina di Denpasar selaku penyedia menuju gudang logistik KPU Buleleng yang terletak di Desa Pemaron,” jelas Dudhi, Rabu 29 November 2023.

Hingga saat ini jumlah yang dikirim baru 1.251 kotak dengan total 600 ribu lebih surat suara. Sementara untuk sisanya akan dikirim bertahap, termasuk surat suara DPRD Provinsi Bali dan Buleng juga direncanakan akan tiba pada 2 Desember 2023 mendatang. 

“Surat suara yang sudah tiba di gudang KPU buleleng baru DPR RI saja. Setiap box berisi 500 lembar surat suara.,”imbuh Dudhi.

Surat suara yang sudah tiba di Gudang KPU, akan dilakukan penyortiran dan pelipatan dengan melibatkan sejumlah petugas yang akan direkrut nantinya. Jika surat suara sudah selesai dilipat, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan penyedia untuk dikirimkan surat suara tahap selanjutnya. 

- Advertisement -

Sebelumnya, personel Polres Buleleng mengawal distribusi logistik Pemilu 2024 berupa surat suara yang dikirim dari Kota Denpasar, pada Selasa 28 November 2023. Sebanyak 10 personel kepolisian dikerahkan dalam pengawalan tersebut dengan menggunakan dua unit kendaraan dinas. 

Logistik Pemilu itu dikirim dari Kota Denpasar menuju Kota Singaraja melalui jalur timur melewati Kabupaten Gianyar, Klungkung, dan Karangasem. Jalur itu dipjjilih dengan sejumlah pertimbangan, salah satunya mengurangi risiko kecelakaan sebab beban logistik cukup berat dan kendaraan yang digunakan besar. (*)

Editor :I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts