Baturiti Luwak Coffee Tawarkan Kenikmatan dan Edukasi tentang Kopi

Tabanan, koranbuleleng.com | Suasana Desa Baturiti sedang cerah kala itu, walaupun di desa ini sebenarnya sangat dingin dan gampang turun hujan.

Sebuah coffee shop, Baturiti Luwak Coffee, terlihat masih buka. Tempat ini merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda. Di angkringan ini bukan hanya menawarkan pengalaman ngopi yang nikmat namun juga sensasi yang berbeda, pengunjung juga bisa mengenal lebih dalam lagi tentang kopi.

- Advertisement -

Di sini, pengunjung juga bisa memetik kopi langsung dari pohonnya. Sejumlah jenis tanaman lain juga ada seperti tanaman bumbu dapur seperti, cabe jahe, kunyit, dan lemon grass. Lahannya cukup luas, tempat yang sejuk dan suasana alam yang sangat menenangkan menjadi salah satu daya tarik dari lokasi ini.

Pengelola coffee shop Baturiti Luwak Coffee, Ni Wayan Sumiari mengatakan jenis kopi diladangnya adalah arabika. Kopi arabika bisa tumbuh dengan subur di wilayah Baturiti karena cocok dengan alam sekitarnya.  

Wisata petik kopi di Baturiti Luwak Kopi

Dia juga mengambil membeli kopi dari petani lain di desa itu dengan jenis kopi yang sama. Sebelum disajikan dalam bentuk cair,buah kopi ini harus melalui proses pengeringan dan sangrai lalu dijadikan serbuk kopi.

“Setelah proses sangrai, prosesnya kira kira 45 menit dengan melewati 2 tahap penyangraian. Setelah itu baru bisa kita proses penghalusan kopi sampai kopi bisa diseduh dan disajikan”, terang Sumiari.

- Advertisement -

Di perkebunan kopi, para pengunjung juga diajak untuk memetik kopi. Sumiari langsung yang mendampingi para pengunjung untuk memetik kopi yang layak dipetik. Buah kopi yang sudah tua dan layak petik, biasanya berwarna merah atau coklat tua. Kopi dengan kondisi itulah yang nikmat sekali jika sudah menjadi kopi seduh.

Sejumlah pengunjung mengaku menikmati suasana di lokasi ini.“Biasanya kita kalau ngopi cuma duduk doang, tapi kali ini bisa keliling sambil ikut buat kopi juga”, ujar Mega Astari salah satu pengunjung.

Sesuai dengan namanya Baturiti Luwak Coffee, coffe shop ini juga memanfaatkan hewan luwak untuk memproduksi kopi luwak.

Hewan Luwak yang diberi nama Rocky

Kopi luwak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yaitu sebagai sumber antioksidan yang akan memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas. Selain itu, juga diyakini dapat mencegah beberapa penyakit tentu seperti beberapa jenis kanker, aterosklerosis dan arthritis. 

Ini yang membuat Baturiti Luwak Coffee menyajikan kopi luwak yang otentik, kopi yang diolah langsung dari hewan luwak yang ada di sana. 

Salah satu Luwak yang ada di sana bernama Rocky. Para pengunjung bisa dengan bebas berinteraksi dengan Rocky.

Sumiari mengatakan selalu ingin melakukan inovasi untuk mengajarkan kepada banyak orang mengenai manfaat kopi dan jenis-jenis kopi yang ada. “Tidak hanya kopi yang ditawarkan, tapi coffee shop ini juga menawarkan pengetahuan tentang kopi dengan cara aktivitas memetik kopi langsung. Ini sebenarnya sangat menyenangkan guna menghilangkan rasa bosan setelah bekerja dan sambil menikmati kopi yang segar.” terang dia. (*)

Kontributor : Mega Dwi Astari

Editor          : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts