Pesona Indah Blue Lagoon Diantara Tebing dan Pepohonan Hijau

Singaraja, koranbuleleng.com | Air terjun Blue Lagoon di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali banyak dikunjungi para peminat wisata alam.  Air terjun ini tersembunyi berada dibalik tebing namun memiliki pesona indah dengan banyaknya pepohonan serta bebatuan yang mengelilingi. Kesan alam yang sangat eksotis dengan warna air yang khas yakni Blue Lagoon.

Para pecinta wisata alam, jika ingin mengunjungi air terjun Blue Lagoon hanya perlu menempuh waktu 25 menit dari pusat kota Singaraja. Jarak yang ditempuh sekitar 10.9 kilometer.

- Advertisement -

Lokasinya berada di sebuah lembah sedalam kurang lebih 300 meter. Nuansanya masih alami, bersih, dan belum banyak terjamah pengunjung. Meski melelahkan, tetapi jika sudah sampai di tempat, rasa capek dan lelah akan terbayar oleh keindahan tempat ini.

Pengelola Wisata Air Terjun Blue Lagoon, Ketut Wija mengatakan tempat ini dibuka untuk wisatawan sekitar 20 tahun yang lalu. Namun, sebelum itu warga daerah sekitar tidak ada yang berani berkunjung ke tempat itu dikarenakan banyak isu horor dan angker.

Kawasan air terjun Blue Lagoon

Namun, pihak pengelola tak akan kehabisan cara untuk menghidupkan suasana Air Terjun ini, pengelola pun menjadikan Air Terjun Blue Lagoon menjadi tempat wisata, waktu semakin berjalan Wisata Destinasi Blue Lagoon pun kian ramai pengunjung wisatawan mancanegara maupun lokal.

Pengelola lainnya, Totok menjelaskan nama Blue Lagoon ini tercetus karena warna dari air terjun ini berwarna biru langit. Namun, sebelumnya pernah diberi nama Secret Garden dikarenakan terletak di tempat yang tersembunyi.

- Advertisement -

Kawasan air terjun ini memiliki ukuran kecil, mengalir diantar tebing tinggi dengan dipadati tumbuhan-tumbuhan hijau. Airnya berwarna kebiruan membuat tempat ini terlihat asri dan menawan. Jalur air terjun ini juga pernah dijadikan jalur trekking menuju jalur air terjun lain.

Akses yang dilalui untuk mengunjungi kawasan Blue Lagoon terdapat dua jalur yaitu jalur Desa Ambengan dan Jalur Desa Sambangan.

Namun, disarankan untuk melalui akses Jalur Desa Ambengan karena lebih mudah dilalui. Jika ingin berenang di wisata air terjun Blue Lagoon, juga dinilai aman. Sarana toilet dan ruang ganti sudah disediakan dan bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Selain, tempatnya yang memadai tiket masuk ke Blue Lagoon cukuplah terjangkau. Kalian hanya perlu mengocek uangdari kantong sebesar  R25.000/orang untuk wisatawan asing, Rp10.000/orang untuk wisatawan lokal. Dengan harga tiket yang terjangkau wisatawan sudah bisa menikmati keindahan dari kawasan Blue Lagoon.

Tak hanya sekedar diam saja, Blue Lagoon pun memberikan penawaran bagi wisatawan yang menyukai aktivitas diving dan jumping. Namun, wisatawan yang ingin mencoba aktivitas tersebut dikenakan biaya tambahan untuk jasa guide sebesar 100.000/orang untuk wisatawan asing dan 50.000/orang untuk wisatawan lokal.

Tentu menarik bukan? Jangan lupa selalu siapkan kamera handphone untuk mengabadikan momen indah bersama teman, keluarga, kerabat, dan pasangan ketika mengunjungi destinasi wisata Blue Lagoon. (*)

Kontributor : Ni Putu Melinda Dewi

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts