Seven Seas Explorer Bawa 596 Wisman

Singaraja, koranbuleleng.com| Kapal Pesiar Seven Seas Explorer berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng Rabu, 6 Desember 2023. Kapal yang mengangkut 596 wisatawan mancanegara itu, menjadi kapal pesiar ke tujuh yang melabuhkan jangkarnya di Buleleng.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Aksara mengatakan, kapal pesiar itu singgah selama dua hari atau hingga Kamis, 7 Desember 2023. Ratusan wisatawan itu akan diajak untuk mengunjungi Daya Tarik Wisata (DTW) yang ada di Buleleng.

- Advertisement -

Sejumlah agen perjalanan wisata lokal pun telah disediakan untuk membawa ratusan wisatawan itu mengunjungi sejumlah DTW, seperti Gedong Kertya, Pasar Anyar, Beji Temple, Danau Buyan dan Tamblingan, Kolam Air Panas Banjar, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Ling Gwan Kiong, hingga Krisna Oleh-Oleh.

Kapal pesiar ini merupakan kapal ke tujuh yang mengunjungi Buleleng sepanjang tahun 2023 ini. Selain itu, pada akhir Desember disebut juga akan ada satu kapal pesiar yang mengangkut ribuan wisatawan yang akan berlabuh di Buleleng. Dalam kunjungan ke Buleleng, kapal-kapal itu singgah selama dua hingga tiga hari. Sebagian besar wisatawan yang diangkut kapal-kapal itu merupakan wisatawan Eropa dan Asia.

“Mereka ada yang mengangkut 300 hingga 600 wisatawan, akhir Desember nanti juga akan datang dengan mengangkut ribuan wisatawan,” ujarnya Dody.

Kata Dody, dengan kedatangan kapal pesiar ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Buleleng. Hal ini, karena untuk mengunjungi masing-masing DTW wisatawan setidaknya harus membayar tiket retribusi. Selain itu mereka juga akan menyumbang pajak restoran 10 persen karena makan siang di restoran-restoran lokal.

- Advertisement -

“Mereka memang tidak menginap di hotel, mereka tetap tidur di kapal. Namun setidaknya mereka menyumbang PAD lewat tiket retribusi dan pajak restoran,” katanya.

Dengan potensi kedatangan wisatawan yang dibawa kapal pesiar, Dody mengimbau kepada seluruh pengelola DTW untuk berbenah mulai dari kebersihan, fasilitas, perbaikan sarana dan prasarana, serta menyiapkan petugas jelang high season.

Selain kapal pesiar, pada libur Natal dan Tahun Baru juga diperkirakan akan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Buleleng. Untuk mengantisipasi permasalahan tiket seperti sebelumnya, pihaknya akan memasang rambu himbauan bagi wisatawan. Pembelian tiket dipastikan terpusat di loket induk yang ada di masing-masing DTW. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts