Tahun ini, Ogoh-Ogoh Tanpa Dilombakan

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemprov Bali memastikan tidak akan menggelar lomba ogoh-ogoh untuk merayakan Hari Suci Nyepi 2024. Meski tidak ada lomba, para pemuda tetap bisa membuat ogoh-ogoh untuk melestarikan tradisi.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Nyoman Wisandika mengatakan, dari koordinasi pihaknya ke Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Bahwa pada perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1946 ini, pemerintah tidak akan menggelar lomba ogoh-ogoh di semua Kabupaten/Kota se-Bali. “Untuk tahun ini, tidak dilaksanakan lomba ogoh-ogoh di semua kabupaten/kota se-Bali. Sudah fix itu keputusan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali,” ujar Wisandika, Kamis, 11 Januari 2023.

- Advertisement -

Wisandika menyebut, pihaknya tidak mengetahui secara detail kenapa lomba ogoh-ogoh pada perayaan Nyepi tahun ini tidak dilaksanakan. Yang jelas hal itu telah menjadi kesepakatan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. “Kami tidak tahu persis pertimbangannya, yang jelas itu Keputusan dari Provinsi. Mungkin dalam pendanaan, mungkin banyak tersedot ke Pemilu,” katanya.

Wisandika menambahkan, meski tidak dilombakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Majelis Desa Adat untuk pelaksanaan pengarakan ogoh-ogoh di masing-asing desa adat. Pihaknya pun berharap nantinya dalam pelaksanaanya pengarakan ogoh-ogoh bisa digelar tertib dan lancar.

 “Itu memang sudah tradisi dari tahun ke tahun, Desa Adat silakan membuat ogoh-ogoh. Ini juga sebagai ajang kreatifitas Yowana. Nanti diaraknya bisa di wilayah desa itu saja, yang penting tertib dan lancar,” kata dia.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts