Baru, Lomba Mengetik Aksara Bali di Bulan Bahasa Bali

Singaraja, koranbuleleng.com | Bulan Bahasa Bali VI di Buleleng menggelar tujuh kategori lomba, satu diantaranya baru dilombakan yakni lomba Mengetik dengan Keyboard Tamiang Aksara Bali tingkat SMA/SMK. Lomba Bulan Bahasa Bali VI di tingkat Kabupaten akan digelar 12 Februari 2024.

Bulan Bahasa Bali ini telah digaungkan oleh Pempriv Bali sejak tahun 2018. Perayaan bulan Bahasa Bali ini untuk penguatan dan pelestarian penggunaan aksara Bali agar tidak tergerus dengan perubahan jaman.

- Advertisement -

“Dalam lomba Mengetik dengan Keyboard Tamiang Aksara Bali nantinya peserta akan didampingi oleh pembina IT dari kecamatan untuk menyiapkan perangkat yang dibutuhkan serta peserta agar membawa keyboard cadangan,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika.

Sementara enam kategori lain yang dilombakan yakni lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD, lomba Nyurat Lontar Tingkat SMP, lomba Debat Mebasa Bali, lomba Ngwacen Lontar usia 19 sampai dengan 23 Tahun, lomba Masatua Krama Istri dari Paiketan Krama Istri (Pakis) dan lomba Pidarta antar Bendesa Adat. Peserta lomba akan dipilih 1 orang dari masing-masing kecamatan.

“Nantinya peserta yang mendapatkan juara akan dilakukan pembinaan dan akan mewakili Kabupaten Buleleng dalam lomba Bulan Bahasa Bali tingkat Provinsi pada tanggal 19 Februari 2024,” katanya.

Pejabat yang pernah menjadi Sekretaris BKPSDM Kabupaten Buleleng ini berharap setiap tahunnya lomba Bulan Bahasa lebih meningkat dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Terakhir, pihaknya tidak lupa untuk mengajak seluruh masyarakat Buleleng terutama pada generasi muda agar tetap melestarikan penggunaan bahasa, aksara dan satra Bali.

- Advertisement -

Lomba Bulan Bahasa Bali VI ini mengambil tema “Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga” yang dimaknai sabagai altar pemulian bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts