Perumda Tirta Hita Buleleng Tambah Spam Booster Atasi Beban Puncak

Singaraja, koranbuleleng.com | Perumda Tirta Hita Buleleng akan memasang sejumlah booster spam akan dipasang pada tahun ini di seputaran wilayah Kota Singaraja. Pemasangan spam bosster untuk mengurangi terjadinya gangguan layanan air bersih pada saat waktu beban puncak pemakaian.

Dirut Perumda Tirta Hita Buleleng I Made Lestariana mengatakan, perusahaan mengeluarkan investasi hingga Rp40 juta untuk pemasangan spam booster tersebut. Program itu, disebut merupakan 10 program prioritas dalam meningkatkan pelayanan air minum di Buleleng. 

- Advertisement -

Wilayah Kota Singaraja dipilih menjadi lokasi pemasangan, lantaran pelayanan air di wilayah tersebut kerap terganggu, utamanya saat beban puncak pemakaian pagi dan sore hari. “Saat beban puncak, airnya kecil. Jadi dengan adanya booster spam ini bisa menambah tekanan air, sehingga layanan yang ada di daerah ketinggian tidak terganggu lagi,” ujar Lestariana, Kamis, 8 Februari 2024.

Selain itu memasang booster spam, Perumda Tirta Hita Buleleng tahun ini  menargetkan dapat menambah 3.000 pelanggan baru. Lestariana meyakini target itu bisa dicapai, mengingat produksi air bersih masih mencukupi untuk melayani pelanggan baru. Penambahan 3.000 pelanggan baru itu akan difokuskan di wilayah Buleleng Barat dan Timur, dengan memaksimalkan sumber air dari SPAM Burana dan SPAM Air Sanih. 

Saat ini, pelanggan air bersih di Buleleng mencapai 68 ribu pelanggan dengan total debit air yang dimiliki mencapai 858 liter per detik, yang bersumber dari 65 titik sumber air bersih. Berdasarkan standar perhitungan nasional, 1 liter air per detik sudah mampu memenuhi kebutuhan 100 pelanggan. Sehingga bila dikalkulasikan, Buleleng sudah melampaui kebutuhan penyediaan air bersih. 

“Secara nasional memang kami sudah melampaui penyediaan air minum untuk masyarakat, tapi kembali lagi pada kondisi topografi kita yang berbukit. Kami berkomitmen untuk menuntaskan kendala yang terjadi,” kata dia. (*)

- Advertisement -

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts