Lima Poin Desakan Mahasiswa Buleleng untuk Pemilu

Singaraja, koranbuleleng.com| Sejumlah pemuda dari Aliansi Mahasiswa Bali Utara (Ambara), menyatakan sikap di Gedung DPRD Buleleng untuk Pemilu 2024, Senin, 12 Februari 2024.

Sebanyak lima poin pernyataan sikap yang diutarakan, diantaranya, meminta pemerintah untuk menjaga netralitas dengan berkomitmen menciptakan Pemilu damai, kemudian meminta peserta pemilu mentaati peraturan hukum yang berlaku, selanjutnya penyelenggara Pemilu menindak tegas segala pelanggaran dan berpegang teguh terhadap kode etik.

- Advertisement -

Selain itu, pada poin ke empat mengajak seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada 14 Februari 2024, serta menolak segala bentuk politik uang.

Koordinator Aksi Albert Novaldo mengatakan, pernyataan sikap ini merupakan bentuk kepedulian gabungan dari organisasi mahasiswa terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Dari pernyataan sikap itu, disebut adanya ketidak netralan dari pemerintah di Pemilu ini.

“Terkait tidak netral, hal tersebut sudah ada cukup jelas di pernyataan sikap kami. Kenapa ke DPR, kami pikir wakil rakyat adalah wakil daripada rakyat. Apakah nanti ada ke KPU, kita akan bicarakan dengan teman-teman terlebih dahulu, karena kami ada banyak organisasi yang bergabung,” ujarnya ditemui usai audiensi.

 Dia menegaskan, aksi yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa ini murni dilakukan atas kemauan antara gabungan organisasi kemahasiswaan itu sendiri. Selain itu, aksi yang dilakukan merupakan audiensi tidak berbentuk untuk rasa. “Kami pastikan tidak ada pesanan ini murni pemikiran kami. Saya pikir ini tidak dilarang pemerintah. Karena ini adalah hal-hal, tugas kami sebagai mahasiswa. Ini bukan unjuk rasa, ini audiensi,” kata dia.

- Advertisement -

Sementara, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna membenarkan aksi yang dilakukan oleh sejumlah pemuda dari aliansi mahasiswa Bali Utara tersebut, merupakan audiensi. Dimana, hal ini dapat mengimbau pemerintah maupun masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

“Ini himbauan untuk kita semua sebagai baik di pemerintah maupun seluruh masyarakat. Bagaimana menyambut pemilu dengan suka cita, sehingga pemilu ini berjalan dengan baik Luber Jurdil. Ada harapan dari mahasiswa, pemerintah, aparat negara, untuk bisa bersikap netral,” katanya.(*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts