Kader Banteng Terbanyak Duduki Kursi Legislatif Buleleng, Disusul Golkar

Singaraja, koranbuleleng.com| Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih bertengger di urutan teratas dalam perolehan suara pemilu di kabupaten Buleleng. Jawara ini masih mendominasi kursi parlemen DPRD Buleleng 2024. Partai dengan lambang banteng tersebut, berpotensi meloloskan 19 perwakilan untuk mengisi kursi legislatif. 

Bendahara PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, Ketut Ngurah Arya mengatakan, dari hasil hitung cepat yang dilakukan internal PDI Perjuangan berdasar data yang dikirim para saksi dari formulir C hasil, PDIP meyakini bisa merebut 19 kursi pada Pemilu 2024.  Bertambah satu dari sebelumnya 18 kursi. Meski bertambah, jumlah tersebut melenceng dari jumlah kursi yang ditargetkan. 

- Advertisement -

“Kita di Kecamatan Buleleng kehilangan satu kursi. Di Kecamatan Sukasada dan Banjar juga kita kehilangan satu kursi,” ujar Arya, Rabu, 21 Februari 2024.

Ngurah Arya menyebut, 18 calon yang dipastikan berpotensi lolos itu beberapa merupakan pendatang baru. Untuk di daerah pilihan (dapil) Kecamtan Tejakula, ada dua nama yang dipastikan lolos yakni Gede Supriatna yang masih menjabat Ketua DPRD Buleleng, kemudian pendatang baru Dewa Komang Yudi Astara.

Selanjutnya, dapil Kubutambangan, ada incumbent Wayan Masdana dan newcomer I Made Sundayana, dapil Sawan diisi oleh dua pendatang baru Dewa Sukardina dan Nyoman Bujana. Kemudian untuk Buleleng bagian tengah, dapil Kecamatan Buleleng diisi oleh tiga incumben yakni Kadek Turkini, Wayan Some Adnyana, dan Gusti komang Swastika. 

Kemudian dapil Sukasada, ada dua incumben yang akan lolos. Satu incumben yakni Wayan Indrawan. Sementara kursi lainya, masi diperebutkan antara dua incumbent yakni Putu Mangku Budiasa dan Ni Made Lilik Nurmiasih. Suara keduanya disebut bersaing ketat.

- Advertisement -

Ngurah Arya menambahkan, dari perhitungan pihaknya untuk di dapil Kecamatan Banjar, ada satu nama incumben Ketut Widiana, kemudian dapil Seririt diraih oleh dua orang incumbent Gede Oddy Busana dan pendatang baru Anak Agung Widya Putra,

Kecamatan Busungbiu diraih oleh Nyoman Sukarmen dan newcomer Wayan Some Suarsa. Terakhir untuk dapil Gerokgak diraih oleh Ketut Ngurah Arya, Wayan Parwa dan pendatang baru Wayan Mudita.

Selain PDI Perjuangan, pada Pemilu 2024 ini. Juga didominasi oleh partai Golongan Karya (Golkar). Partai Golkar disebut akan mendudukkan 11 wakilnya di kursi parlemen. 

Ketua DPD II Golkar Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi mengatakan dari hasil hitung cepat, disebut ada 11 caleg yang dipastikan lolos menjadi perwakilan di DPRD Buleleng. Jumlah itu, disebut telah melampaui apa yang telah ditargetkan partai yakni 9 orang. Selain itu, perolehan partai dengan lambing pohon beringin ini juga disebut naik dari Pemilu sebelumnya. Hanya saja, pihaknya tidak menyebut detail angka yang diperoleh. “Ini masih kita lakukan penghitungan juga, untuk angka nantilah kita sampaikan,” kata dia saat dikonfirmasi.

Adapun dari 11 nama yang berpotensi lolos, sebanyak 4 diantaranya adalah nama baru dan 7 nama lainnya adalah calon petahana yang sudah duduk menjadi anggota DPRD Buleleng.

Untuk dapil 1 Kecamatan Buleleng, ada nama baru Nyoman Dhukajaya dan petahana Nyoman Gede Wandira Adi. Kemudian dapil 2 Kecamatan Sawan berpotensi Gede Suparmen (petahana), dapil 3 Kecamatan Kubutambahan I Ketut Parta (petahana), dapil 4 Kecamatan Tejakula Ketut Dody Tisna Adi (petahana), dapil 5 Kecamatan Gerokgak Putu Suastika (petahana), dapil 6 Kecamatan Seririt Made Suarsana (pendatang baru), dapil 7 Kecamatan Busungbiu I Ketut Hermawan (pendatang  baru), dapil 8 Kecamatan Banjar berpotensi Putu Gede (petahana) dan Ni Wayan Parlina Dewi (pendatang baru) dan dapil 9 Kecamatan Sukasada I Ketut Susila Umbara (pendatang baru).

Selain dua partai besar tersebut, partai besar lainya partai Nasdem. Juga disebut akan menempatkan 6 orang wakilnya untuk mengisi kursi DPRD Buleleng. Namun, partai berwarna biru tersebut belum mengungkap siapa saja yang berpotensi lolos untuk mengisi kursi dewan tersebut. 

“Yang jelas kita sudah kunci 6 kursi di Dapil Tejakula, Dapil Kubutambahan, Dapil Sawan, Dapil Kota Singaraja, Dapil Sukasada dan Dapil Seririt,” kata Ketua DPC Partai Nasdem Buleleng I Made Suparjo.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts