Harga Daging Babi Normal Tapi Sepi Pembeli. Budiani : ”Mungkin Lagi Krisis”

Singaraja, koranbuleleng.com| Harga daging babi di sejumlah pasar tradisional di Singaraja Buleleng, tidak menunjukan kenaikan harga menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. Meski tak alami kenaikan, para pedagang daging menyebut penjualan masih tergolong sepi.

Salah satu pedagang di Pasar Anyar Buleleng, Komang Budiani mengatakan, daging babi yang dijual masih sama dengan hari-hari biasanya. Dimana, harga daging babi dijual dengan harga Rp70 ribu gram untuk daging muda. Sedangkan untuk daging tua dijual kisaran Rp50.000-Rp60.000 perkilogram. 

- Advertisement -

Meski tak mengalami kenaikan, penjualan daging jelang disebut pedagang sepi pembeli. “Harga tidak ada kenaikan. Tapi pembelinya agak sepi. Beda dengan hari raya Galungan sebelum-sebelumnya, biasanya seminggu sebelumnya sudah ramai,” ujar Budiani, Senin, 26 Februari 2024.

Budiani menyebut, saat ini daging babi yang dijualnya kebanyakan di beli oleh pembeli yang sudah berlangganan sejak lama.Kalau langganan merekatidak ada yang  berbelanja, otomatis tidak adad aging yang bisa dijual. “Mungkin lagi krisis,” ucap Budiani. 

Pedagang lainnya, Ketut Susila juga berkeluh sama. Sering kali daging yang dijual tersisa menjelang hari raya ini. Sisa setiaphari rata-rata hingga 5 kilogram perharinya. Dengan kondisi itu, membuatnya harus mengolah beberapa daging menjadi makanan yang lebih awet, seperti urutan babi yang dapat dijual kembali.

Kata Susila, saat ini dia menjual dagi babi masih di harga normal kisaran Rp75.000-Rp80.000 perkilogram. “Harga tidak ada kenaikan cuma masih sepi.” katanya.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts