Buleleng Berbangga

Singaraja, koranbuleleng.com|  Malam kebersamaan Semarak Buleleng Berbangga sebagai pembukaan rangkaian agenda HUT ke-420 Kota Singaraja ditandai dengan penyalaan obor oleh PJ Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana dan dibarengi dengan pesta kembang api di lapangan Bhuwana Patra, Selasa 26 Maret 2024.

Pesta kembang api berdurasi sekitar sepuluh menit itu, menjadi tontonan rutin bagi pengunjung setiap kali perayaan ulang tahun Singaraja berlangsung.

- Advertisement -

Selain itu, pembukaan juga diramaikan pementasan tari Prawireng Denbukit dan fragmentari Bianglala Buleleng, serta penampilan sejumlah musisi Bali.  Agenda ini akan berlangsung dari tanggal 26 hingga 30 Maret 2024.

Ketut Lihadnyana menjelaskan masyarakat harus bangga menjadi bagian dari kabupaten Buleleng.Ibukotanya sudah berumur empat abad lebih. Tagline, Buleleng Berbangga dilihat dari tiga dimensi kehidupan, adalah alam, masyarakat dan kebudayaan. Buleleng memiliki daratan dan perairan terluasdi Bali, dua danau sebagai sumber mata air kehidupan. Jumlah penduduk Buleleng juga terbesar di Bali.

“Semua itu adalah potensi besar bagi kita. Jumlah penduduk yang besar juga bisa digerakkan untuk kemajuan kita bersama,” jelasnya.

Selain itu, Buleleng juga memiliki kebudayaan yang sangat kaya. Banyak maestro-maestro seni Bali lahir dan berasal dari Buleleng serta menghasilkan karya seni yang menjadi ikon Bali. Oleh karena itu, ketiga dimensi ini digabungkan menjadi sebuah potensi yang luar biasa.

- Advertisement -

“Untuk menciptakan Buleleng yang maju dan sejahtera. Ini harus dikelola dengan baik sehingga kita bisa berbangga menjadi orang Buleleng,” ujar Lihadnyana.

Lihadnyana pun mengajak masyarakat Buleleng benar-benar bangga menjadi orang Buleleng. Miliki dan cintai Buleleng seutuhnya. Dengan begitu, situasi apapun dan dimanapun, Buleleng tetap terdepan di masa-masa yang akan datang. Sejarah dari Kota Singaraja dan juga Kabupaten Buleleng yang besar ini tidak boleh dilupakan.

“Mari bulatkan tekad wujudkan rasa bangga. Bangkitkan nilai-nilai kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan untuk berbaur dalam satu pandangan membangun Buleleng yang kita cintai ini,” kata Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts