Perbaikan Jalan Rusak di Banjar Dinas Batudingding Diusulkan Tahun Ini

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng, memastikan perbaikan jalan rusak di Banjar Dinas Batudinding, Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Buleleng diusulkan pada tahun ini. 

Sebelumnya, warga di desa setempat harus memperbaiki secara swadaya jalan tersebut karena alami rusak parah.

- Advertisement -

“Kami pastikan, khusus untuk perbaikan jembatan dapat terealisasikan tahun ini,” ujar Kelapa Dinas PUTR Buleleng Putu Adiptha Eka Putra, Kamis 9 Mei 2024. 

Adiptha mengatakan, dari pengecekan yang dilakukan total jalan rusak yang ada di desa setempat mencapai 7,5 kilometer. Sepanjang 1,5 kilometer mengalami rusak parah.

Perbaikan jalan tersebut pun, diperkirakan menelan dana hingga Rp2,5 Miliar. Anggaran untuk perbaikan jalan itu pun akan diusulkan pada APBD Perubahan 2024 atau akan dilaksanakan pada APBD Induk di tahun 2025. 

Selain jalan, kerusakan parah juga terjadi pada jembatan. Dimana jembatan tersebut, merupakan akses penting penghubung antara Desa Pegadungan dan Desa Pegayaman. Perbaikan jembatan dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter tersebut, diperkirakan akan menelan anggaran Rp700 juta. 

- Advertisement -

Adiptha menyebut, untuk perbaikan jalan di desa setempat pihaknya sejatinya juga telah mengusulkan perbaikan melalui Jalan Desa (IJD). Namun dari usulan itu, Kementrian Pekerjaan Umum merealisasikan anggaran untuk perbaikan jalan Desa Sembiran-Desa Medenan. Hal itu disebut karena ada keterbatasan dana di pemerintah pusat. 

“Pengerjaan jalan Desa Sembiran-Madenan akan dimulai bulan ini, sementara khusus jembatan yang ada di Banjar Batudinding, Desa Pegadungan, masih menunggu anggaran perubahan pada bulan Juli – Agustus tahun ini. Sementara, untuk perbaikan jalannya juga diusulkan pada anggaran perubahan tahun ini,” kata dia.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts