Generasi Muda Diminta Tumbuhkan Kepedulian Sosial

Singaraja, koranbuleleng.com | Di era kemajuan teknologi saat ini, sistem sosial seringkali dihadapkan pada sisi individualis. Termasuk generasi muda yang semakin asik dalam pemanfaatan teknologi sehingga berpotensi mengikis kepedulian sosial.

Untuk menggugah kepedulian sosial dari para generasi muda, Buleleng Social Community (BSC) bekerja sama dengan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja menggelar acara Live Discussion Project (LDP) dengan mengusung tema “Generasi Muda Peduli Sesama” bertempat di Gedung PLUT Buleleng, Sabtu 22 Juni 2024.

- Advertisement -

Program yang digagas oleh Buleleng Social Community (BSC) bertujuan untuk mengedukasi dan memberdayakan generasi muda agar mampu berkontribusi secara nyata untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial beserta meningkatkan keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan sosial di masa mendatang sehingga dapat menciptakan perubahan positif yang berdampak luas bagi masyarakat. Acara ini menghadirkan tiga narasumber terkemuka untuk memberikan wawasan dan inspirasi kepada para generasi muda.

Ketua Buleleng Social Community (BSC) Made Eka Tirtayana mengungkapkan betapa pentingnya komunikasi dalam menumbuhkan generasi peduli sosial. “Penting bagi kita untuk memahami peran komunikasi dalam membangkitkan kemauan dari dalam diri untuk peduli terhadap lingkungan sosial disekitar kita.” kata dia.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada para generasi muda untuk senantiasa bersikap berani dan berpikir kritis dalam menyikapi segala fenomena yang terjadi di lingkungan sosial secara idealis dan realistis. “Saya ingin mengingatkan dua hal, berani dan kritis. Berani untuk memulai dan berani untuk mengkritisi sesuatu yang tidak sesuai dengan selalu berpikir idealis dan realistis. Dengan keikutsertaan generasi muda dalam kegiatan sosial, maka akan dapat menarik generasi muda lainnya untuk turut serta berpartisipasi, sehingga kegiatan sosial tersebut dapat konsisten untuk dilakukan,” imbuhnya.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, I Komang Agus Widiantara, S.I.Kom., M.I.Kom menyampaikan generasi muda harus aktif dalam kegiatan sosial dengan dasar kesadaran dan tindakan.

- Advertisement -

Menurutnya, agenda LDP ini penting untuk membuka pikiran para pemuda dalam membangun kesadaran, karena kuncinya adalah membangun kesadaran lalu diikuti oleh tindakan. “Sekecil apapun tindakan yang dilakukan oleh para pemuda dan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh organisasi yang terpenting adalah dampak yang dihasilkan diiringi dengan konsistensi sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan internal dan lingkungan ekternal,” ungkapnya.

Relawan Yayasan Sesama, Putu Juliartini berharap generasi muda ikut serta melakukan kegiatan sosial dengan niat dan kemauan untuk menolong sesame. “Harapannya setelah ada diskusi ini, kita semua bisa terdorong untuk ikut  melaksanakan kegiatan sosial di lapangan, karena berbagi tidak harus kaya yang paling penting adalah niat dan kemauan untuk menolong sesama,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah siswa SMA/SMK di Singaraja serta mengundang orkemas-orkemas di lingkup STAHN Mpu Kuturan Singaraja, tidak hanya itu acara ini juga dihadiri oleh orkemas dari STKIPAH Singaraja, STIE Satya Dharma, dan PC KMHDI Buleleng 

Menurut salah satu undangan delegasi, Tri Budi Santoso selaku Ketua PC KMHDI Buleleng mengungkapkan kondisi sosial itu dinamis. Harus sering digelar diskusi yang serupa untuk membahas permasalah-permasalahan sosial. Generasi muda haruslebih melek dan mampu mencari solusi dari permasalahan sosial yang terjadi. “Tidak hanya mendapatkan insight menarik tetapi juga kita bisa saling sharing” tuturnya. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts