Personil Kepolisian Digembleng Sebelum Amankan Pilkada 

Singaraja, koranbuleleng.com| Polres Buleleng menyiapkan 450 personil, untuk pengamanan tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Buleleng. Ratusan personel itu pun telah digembleng dalam pelatihan pra Operasi Mantap Praja Agung, Minggu 18 Agustus 2024.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan pelatihan ini merupakan persiapan rutin sebelum pelaksanaan tugas operasi. Tujuannya untuk memastikan kesiapan personel, menyamakan visi dan misi, serta pola pikir dan tindakan di lapangan demi tercapainya sasaran operasi.

- Advertisement -

Nantinya, operasi akan digelar pada 24 Agustus hingga 6 Desember 2024. Operasi ini akan berlangsung  selama 116 hari. Operasi pengamanan itu dilakukan selama tahapan Pilkada, mulai dari pengumuman pendaftaran bakal calon, pengundian nomor urut, kampanye, masa tenang, hingga tahap penghitungan dan rekapitulasi suara.

“Operasi akan mengedepankan upaya preemtif dan preventif, guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya, Senin, 19 Agustus 2024.

Widwan menyebut, dalam latihan pra operasi, ratusan personel Polres Buleleng dan Polsek jajaran diberikan pemahaman mengenai pengamanan tahapan-tahapan Pilkada 2024. Mereka juga ditekankan, agar melaksanakan latihan pra operasi dengan serius guna mengoptimalkan pelaksanaan operasi.

Selain itu, ia juga  menegaskan sinergitas dan kerjasama antar satuan tugas (Satgas) harus dioptimalkan untuk mencapai hasil yang maksimal.  Pengawasan terhadap personel di lapangan harus dilakukan dengan melekat, dan seluruh tugas diawali dengan doa serta menjaga keselamatan pribadi dan rekan dalam pelaksanaan tugas.

- Advertisement -

“Kerjasama antara KPU, Bawaslu, juga terus ditingkatkan untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada dan mencegah terjadinya kecurangan atau pelanggaran hukum, demi memastikan Pilkada Serentak 2024 berjalan lancar dan aman,” kata Widwan.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts