Polres Buleleng Mulai Siagakan Kendaraan Taktis

Singaraja, koranbuleleng.com| Polres Buleleng mulai mengamankan secara ketat area kantor KPU Buleleng, Kendaraan taktis dan anti huru-hara telah disiagakan di sebelah barat kantor KPU Buleleng. Polisi akan mengamankan tahapan pendaftaran pasangan calon yang akan ikut bertarung dalam Pilkada Buleleng, sejak 27 – 29 Agustus 2024.

Kapolres Buleleng menerjunkan sebanyak 228 personil Polres Buleleng setiap hari untuk mengamankan proses pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati ke KPU Buleleng. Rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan, mengingat saat pendaftaran partai politik akan membawa ribuan simpatisan. 

- Advertisement -

Dari pantauan di lokasi, pada hari kedua di bukanya pendaftaran Rabu, 28 Agustus 2024, kantor KPU Buleleng terlihat lengang. Hanya ada puluhan personil kepolisian berpakaian lengkap dan berpakaian preman terlihat siaga berjaga di Kantor KPU Buleleng. Selain itu, terlihat mobil water cannon dan kendaraan taktis milik polisi juga disiagakan di samping kantor KPU. 

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, ratusan personil yang disiapkan itu, akan berjaga dari pelaksanaan konvoi pasangan calon hingga pendaftaran di kantor KPU Buleleng. Disebut, akan ada dua pasangan calon (paslon) yang akan melakukan pendaftaran pada Kamis, 29 Kamis 2024, atau saat batas akhir pendaftaran paslon. 

“Polres Buleleng sudah sangat siap mengamankan. Segala skenario, kemarin sudah kita bahas mengenai perencanaan dan strategis serta taktis pelaksanaan pengamanannya,” ujar Widwan, ditemui Rabu, 28 Agustus 2024.

Selain pengamanan, polisi juga akan melakukan penyekatan arus lintas untuk menghindari kemacetan. Ruas jalan yang akan dilakukan penyekatan, yakni Jalan Udayana dan Jalan Ahmad Yani Singaraja. Kedua jalan itu, akan dilalui konvoi pasangan calon menuju kantor KPU Buleleng. 

- Advertisement -

Kata Widwan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan ketua-ketua partai maupun koordinator partai yang ada di masing-masing kecamatan, agar bisa menjaga ketertiban saat pelaksanaan pendaftaran. 

“Kita sudah ploting anggota-anggota yang melaksanakan tugasnya baik di penyekatan-penyekatan di rekayasa lalu lintas. Kita juga sudah lakukan koordinasi dengan masing-masing panitia di partai politik untuk sama-sama menjaga ketertiban,” kata dia. 

Widwan menghimbau, simpatisan dan masyarakat yang ikut saat pendaftaran, agar tetap menjaga ketertiban. Mereka diminta agar tidak terprovokasi ataupun memprovokasi. Selain menyiapkan ratusan personil, Polres Buleleng juga menyiagakan mobil water canon untuk melakukan pengamanan. 

“Kita juga dibantu BKO dari personil Brimob. Mereka sudah standby di Polsek Seririt, ketika dibutuhkan mereka siap melakukan pengamanan,” kata dia. 

Sebelumnya, KPU Buleleng mengutarakan kemungkinan akan ada dua pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, pada Kamis, 29 Agustus 2024. Karena sebelumnya sejumlah utusan yang mengaku dari para pasangan calon sudah memohon informasi pendaftaran dan persyaratan pencalonan. 

Dua pasangan calon itu disebut dari PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Untuk PDI Perjuangan pasangan yang akan didaftarkan yakni paket dr. Nyoman Sutjidra dan Gede Supriatna. Pasangan itu, dijadwalkan akan melakukan pendaftaran pada Kamis, 29 Agustus 2024 pagi. Mereka juga disebut akan menggelar parade budaya dengan melibatkan ribuan masa pada saat pendaftaran. 

Sementara dari partai Golkar, akan mendaftarkan paket Nyoman Sugawa Korry dan Gede Suardana. Pasangan ini akan mendaftar pada hari yang sama, namun pada waktu yang berbeda. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts