KPU Buleleng Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Paslon

Singaraja, koranbuleleng.com| KPU Kabupaten Buleleng memfasilitasi dua pasangan calon peserta pilkada Buleleng untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan secara lengkap di RSU Bali Mandara, Denpasar, Sabtu 31 Agustus 2024.  KPU Buleleng memberikan pendampingan dan fasilitas hotel bagi pasangan calon untuk menginap pada H-1 pemeriksaan.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan RSU Bali Mandara menjadi rujukan pemeriksaan pasangan calon karena mempunyai perangkat medis yang lengkap. “Ada sejumlah indikator pemeriksaan Kesehatan pasangan calon,dan RSU Bali Mandara dinilai paling lengkap peralatannya di Bali,” kata Dudhi.

- Advertisement -

Pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu persyaratan paling penting dalam proses pencalonan. Dalam pemeriksaan yang akan dilakukan, pasangan calon akan melakukan pemeriksaan fisik, medis dan psikologi. 

Calon Bupati dari PDI Perjuangan, Nyoman Sutjidra mengatakan, tak ada persiapa khusus yang disiapkan jelang pelaksanaan permeriksaan kesehatan tersebut. Dia memastikan, semua kententuan akan diikuti olehnya bersama Calon Wakil Bupati, Gede Supriatna. 

“Saat ini kondisi kita aman-aman saja. Sudah siap mengikuti tes Kesehatan. Kita tentu akan mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan,” ujar Sutjidra, Jumat, 30 Agustus 2024. 

Sutjidra menyebut, sesuai dengan pengalamannya saat maju di Pilkada 2017, pengecekan dilakukan secara mendetail. Meliputi tes darah, fungsi liver, fungsi ginjal sehingga cek DNA untuk mendeteksi kanker.

- Advertisement -

”Terakhir pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk melihat adanya tumor atau tidak di kepala. Jadi detail sekali pemeriksaannya. Termasuk adapula tes kepekaan saraf,” kata dia. 

Hal yang sama juga diungkap Calon Bupati dari KIM plus, Nyoman Sugawa Korry. Sugawa Korry mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan hal yang biasa baginya. Sebelumnya saat maju di Pileg 2024, ia juga sempat melakukan tes kesehatan. 

“Bisa dibilang ini merupakan hal rutin, karena setiap tahun saya melakukan cek kesehatan sejak tahun 1992. Apalagi kemarin saat pileg saya juga ikut tes kesehatan. Kemarin saja kita jalan 2 kilometer saat pendaftaran. Kalau misalnya nggak sehat kan nggak mampu,” kata dia.

Sebelumnya, kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng itu, resmi mendaftar ke KPU Buleleng, Kamis, 29 Agustus 2024. Selanjutnya, kedua pasangan calon itu akan menjalani tes kesehatan di RSUD Bali Mandara, Denpasar. Pemeriksaan telah dijadwalkan selama dua hari pada tanggal 31 Agustus dan 1 September 2024, pada pukul 07.00 Wita. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts