Wah, Ada Penyu Bertelur di Pantai Penimbangan. Selamatkan!

SINGARAJA | Pantai Penimbangan, Singaraja biasanya tidak pernah didatangi hewan penyu. Namun beberapa ekor penyu ternyata bersarang dan bertelur di pantai ini. Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Sri Segara Desa baktiseraga langsung membuatkan area aman untuk penangkaran dan penyelamatan penyu-penyu ini.

Telur-telur penyu itu ditemukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Sari Segara, Desa Baktiseraga. Telur-telur itu ditemukan pada Rabu (24/2) malam lalu, oleh beberapa nelayan yang bercengkrama di deretan warung, di sebelah timur Pura Segara Penimbangan.

- Advertisement -

Warga membuat penangkaran telur penyu sederhana di pinggir pantai berukuran 1×0,5 meter dan ditutup menggunakan paranet, yang biasa digunakan untuk menahan sinar matahari. Sedikitnya ada 150 butir telur penyu yang ditangkarkan.

Setiap malam nelayan bergantian menjaga penangkaran sederhana itu, supaya tidak ada preadot melahap telur-telur penyu ini.

“Takutnya dirusak anjing atau biawak. Sebenarnya yang paling kami takutkan itu manusia. Siapa tahu ada yang sengaja merusak dan menggali, kemudian dijual. Meskipun ini hewan dilindungi, kalau ada niat dan kesempatan, pasti digali sama orang,” kata Putu Dedi Astika alias Melor, Koordinator Save Penyu KUB Nelayan Sari Segara Minggu (28/2) pagi kemarin.

Diperkirakan telur penyu itu akan menetas dalam tiga pekan mendatang. Temuan penyu itu telah dilaporkan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Buleleng. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts