Hormati Panji Sakti, Gelar Napak Tilas

Singaraja | Kota Singaraja telah mencapai masa ke 412, cukup tua. Keberadaan Kota Singaraja yang pernah menjadi ibukota Propinsi Kepulauan Sunda Kecil ini tidak terlepas dari peran pendirinya di masa lalu, Pendiri Kerajaan Buleleng Ki Barak Panji Sakti.

Untuk menghargai jasa Ki Barak Panji Sakti ini, Pemkab Buleleng menggelar sebuah napak tilas yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya saat Rangkaian HUT Kota Singaraja. Napak tilas di HUT Kota SIngaraja ke-412 ini mengambil start dari halaman pura Yeh Ketipat, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kamis (24/3). Peserta Napak Tilas Panji Sakti  dilepas  Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG, diikuti oleh 43 regu perwakilan sekolah dan organisasi pemuda.

- Advertisement -

Napak tilas punya makna dalam untuk merasakan sejarah perjalanan Panji Sakti ketika memasuki wilayah Den Bukit dalam rangka membangun kerajaannya Buleleng.

Menurut Sutjidra, pendirian Kerajaan Buleleng berawal dari perjalanan Panji Sakti yang bermula dari Klungkung dan sempat beristirahat di Yeh Ketipat kala itu. Dari Yeh Ketipat Panji Sakti melanjutkan perjalanan menuju utara, yakni Desa Panji saat ini.

Dari sinilah Panji Sakti terus membesarkan kerajaan Buleleng, hingga akhirnya terbentuk ibukota kerajaan Buleleng di Singaraja. “Tanpa jasa Panji Sakti tidak mungkin ada Singaraja dan juga Buleleng. Karenanya, dalam kaitan peringatan Hut Kota Singaraja, kegiatan napak tilas yang diiikuti oleh generasi muda harus dilakukan.” papar Sutjidra saat membaca sambutannya mewakili Bupati Buleleng.

Sementara itu Ketua Panita Napak Tilas I Made Ngadeg kegiatan napak tilas ini digelar untuk meningkatkan apresiasi Pemuda Buleleng terhadap sejarah lahirnya kota singaraja.

- Advertisement -

“Pesertanya kami tentukan dari pelajar dan organisasi kepemudaan yang ada di Buleleng agar tahu bagaimana perjalanan  Ki Barak Panji Sakti dari Klungkung ke Den Bukit. Dan mereka juga bisa tahu terhadap lahirnya kota singaraja,” ucap Made Ngadeg.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts