JK Ingatkan 20 Tahun Mendatang Indonesia Bergantung Kepada Siswa Saat ini

Singaraja | Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyempatkan mengunjungi sekolah SMA Negeri Bali Mandara di Desa Kubutambahan, Buleleng, Sabtu (7/5) siang. JK diantar oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan jajaran serta disambut oleh pejabat teras di Lingkungan Pemkab Buleleng serta Kepala Sekolah SMAN Bali Mandara.

Jusuf Kalla sempat menyampaikan pesankepada anak-anak SMAN Bali Mandara bahwa 20 tahun mendatang, Bangsa Indonesia sangat bergantung kepada siswa-siswi yang sedang menjalani proses belajar mengajar saat ini.

- Advertisement -

Oleh karena itu, generasi muda saat ini harus mampu memberi jaminan masa depan dengan meningkatkan prestasi sumber daya manusia sedari sekarang.

“Kita punya kekayaan alam yang baik, tapi jika dikerjakan kurang maka itu bisa dimanfaatkan orang lain. 20 tahun mendatang Bangsa ini sangat butuh Kalian,” kata Jusuf Kalla, dihadapan puluhan Siswa SMA Negeri Bali Mandara.

Jusuf Kalla merasa bangga dengan siswa-siswi SMAN Bali Mandara karena mempunyai semangat yang sangat tangguh untuk merubah kehidupan sosialnya. Anak didik SMAN Bali Mandara ternyata dilihat sangat disiplin dan tegas menjalani aturan yang diberlakukanoleh sekolah. Sistem pendidikan di Bali Mandara dinilai wapres merupakan terobosan yang sangat baik untuk mendidik anak-anak saat ini menjadi generasi tangguh pemimpin masa depan.

“Untuk menjadi pemimpin memang selalu berawal dari bawah, maka dariproses itu akan tumbuh rasa semangat tinggi melalui proses panjang untuk meraih cita-cita menjadi pemimpin. Saya bangga memiliki generasi muda punya semangat untuk maju ke depan untuk perubahan,” papar Jusuf Kalla.

- Advertisement -

Sementara itu  Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menegaskan system pendidikan di SMAN Bali Mandara lebih mengedepankan kedisiplinan dan membentuk karakter yang tegas.

Mereka yang bisa bersekolah di SMAN Bali Mandara adaalah anak-anak yang miskin namun punya potensi dan kecerdasan di berbagai bidang.

“Saya melihat, mereka sekarang menikmati sekolah dengan baik, mudah-mudahan mereka sadar menjadi lebih baik dan menjadi manusia berkarakter. Karena saya selalu tekankan kepada mereka, setiap butir nasi, baju, buku, dan tempat tidur, itu milik rakyat Bali yang harus dipertanggungjawabkan mereka,” tegas Pastika.

Kepala Sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Nyoman Darta memberikan optimism kepada wakil presiden bahwa anak didiknya siap bersaing dan menjadi pemimpin di masa depan.  Sekolah yang telah berdiri sejak tahun 2011 ada untuk mencetak manusia-manusia handal Indonesia calon pemimpin di masanya.

“Anak didik kami ini siap menjadi pemimpin bangsa ke depannya, tentunya dengan usaha yang keras dan mampu meraih perestasi hingga Internasional. Kami tanamkan semangat dan motivasi tinggi kepada mereka untuk mampu merubah status sosial mereka. Diantara mereka tidak ada dari keluarga mampu, tetapi mereka punya kecerdasan yang luar biasa,” terang Darta yang juga mantan Kepala SMAN 1 Singaraja.

Jusuf Kalla juga menyempatkan diri untuk berkeliling untuk menengok sejumlah fasilitas sekolah serta melakukan penanaman pohon di area SMAN Bali Mandara. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts