Balap Pedau Jadi Ikon Danau Buyan

Singaraja, koranbuleleng.com, Lomba Balap Pedau di Danau Buyan, serangkaian even Twin Lake festival (TLF) di Danau Buyan, Desa Pancasari, Buleleng sudah menjadi ikon bagi Danau Buyan. Dua kali digelar, Lomba Balap Pedau ini selalu menyedot perhatian penontonnya seperti terlihat pada Kamis 23 Juni 2016.

Pihak Panitia TLF di Danau Buyan menyediakan tiga pedau berisi patung Singa Ambara Raja, lambang kedaerahan Kabupaten Buleleng. Karena itulah, Pedau yang digunakan untuk lomba ini kerap dinamai Pedau Singa Ambara Raja.

- Advertisement -

Satu tim menguasai satu pedau yang berisikan 22 orang. Satu orang bertugas menabuh gendang sebagai penyemangat tim yang mendayung pedau.

Arsa, salah satu peserta laga balap pedau mengaku bahwa mendayung pedau di danau tidaklah semudah mendayung perahu di lautan.  Banyak tantangan supaya bisa mencapai finish dengan mengitari sirkuit sejauh 1,5 kilometer.

Ärah angin tidak menentu, arus juga deras  dan airnya sangat berat. Kita kesulitan mendayung walaupun tim nya banyak. Kuncinya harus pintar emnguasai arah angina,”ujar Arsa yang juga staff di Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng.

Selain Ars, ada juga anggota tim lain yang mengakui sangat sulit mendayung epdau diatas permukaan danau. Pihaknya harus berkomunikasi secara aktif di dalam eprahu supaya dayung bisa sejalan.

- Advertisement -

Wabup Buleleng Nyoman Sutjidra mengatakan sangat mengapresiasi semangat para peserta lomba. Wabup Sutjidra menambahkan, Lomba Pedau ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk memperkenalkan danau Buyan.

“Seluruh peserta sangat bersemangat, semangat mereka untuk pelestarian danau Buyan dan Tamblingan agar kedua danau tersebut lebih dilirik lagi oleh wisatawan,” pungkasnya.

Lomba balap Pedau Singa Ambara Raja yang kedua ini dimenangkan oleh Kelompok Tri Sedana sebagai juara satu, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Buleleng sebagai juara dua, dan Pemuda Buyan Sebagai juara ketiga.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan, Tropi, dan piagam. Untuk juara 1 mendapatakan uang pembinaan sebesar 8 juta rupiah, untuk juara 2 mendapat uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah, dan untuk juara 3 mendapatkan uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts