More

    70 Hexadome Akan Ditenggelamkan di Kota Bawah Laut

    Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 70 hexadome akan ditenggelamkan di kota bawah laut, di wilayah perairan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula oleh sejumlah elemen masyarakat pecinta dan pelestari terumbu karang.

    Salah satu aktifis lingkungan dari Desa Bondalem yang juga admin dari Bahari Prawara, Nyoman Adi Sancaya mengungkapkan saat ini 70 hexadome itu sedang dalam masa produksi. Direncanakan, dalam waktu secepatnya akan ditenggelamkan untuk melengkapi fasilitas media rehabilitasi terumbu karang di wilayah perairan Desa Bondalem.

    Adi menyatakan hexadome ini merupakan struktur yang berfungsi sebagai media pertumbuhan karang dan organisme laut lainnya termasuk sebagai rumah ikan. Kubah hexadome ini akan bertahan sangat lama dan mendukung pertumbuhan terumbu karang secara alami.

    Produksi 70 unit hexadome tersebut merupakan bantuan hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Bali senilai Rp.105 juta.

    “Dana hibah ini membantu kami para nelayan serta pelaku pelestari terumbu karang di Desa Bondalem untuk terus melakukan upaya rehabilitasi terumbu karang di Perairan Bondalem,” ujar Adi Sancaya.

    Sejak lama, masyarakat Desa Bondalem terus melakukan upaya rehabilitasi karang laut untuk mengembalikan habitat-habitat laut yang rusak karena keganasan manusia. Upaya ini sampai kini terus menuai simpati dari berbagai kalangan, termasuk organisasi swadaya pelestari terumbu karang.

    Sejumlah organisasi swadaya dibidang pelestarian terumbu karang juga sering melakukan pemantauan dan pembinaan terumbu karang di wilayah ini. Beberapa organisasi yang sering terlibat dalam misi pelestarian lingkungan laut yakni Bahari Prawara dibawah Yayasan Yayasan Yudha Dharma 46, Reef Check, Coral Alliance , dan Triton Dive.

    Kota bawah laut dibuat oleh sejumlah pihak secara swadaya. Selain sebagai upaya pelestarian, kota bawah laut ini juga untuk memancing animo para penyelam dan wisatawan asing untuk berkunjung dan berwisata bawah laut ke Desa Bondalem.

    Kota bawah laut ini dibuat di daerah perlindungan laut atau DPL Perairan Desa Bondalem. DPL di Bondalem dibagi dalam tiga zona, Zona I Lebar 120 meter, kedalaman 0-6 meter dengan luas 0,02895 (square) km, Zona II LEbar 165 meter, Kedalaman 7 Meter dengan luas 0,01115 (square) km, Zona II lebar 95 meter, Kedalaman 7-15 meter dengan luas 0,02521 (square) km.

    Rencana penenggelaman 70 hexadome ini melengkapi 50 hexadome yang sebelumnya sudah diturunkan saat hari bumi 22 April 2016 lalu. |NP|

    Berita Terpopuler

    Related articles