10 Paud Swasta Berubah Status Negeri

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, kembali meluncurkan program untuk merubah status PAUD Swasta menjadi PAUD negeri yang ada di kabupaten Buleleng. Untuk tahun 2017, Disdikpora Buleleng menargetkan sebanyak 10 PAUD.

Bak gayung bersambut, program yang digulirkan Disdikpora sejak beberapa tahun  lalu itu, mendapat sambutan positif dari sejumlah Desa di Kabupaten Buleleng. Terbukti, dalam Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), sejumlah Desa mengajukan untuk menyerahkan asset PAUD yang ada di Desanya untuk menjadi asset Pemkab.

- Advertisement -

Sejumlah Desa yang siap untuk menyerahkan aset untuk menjadikan TK Negeri masing masing Desa Bondalem, Les, Tirtasari, Munduk Bestala, Tista, Pegadungan dan Desa Wanagiri. Bahkan beberapa waktu lalu, Bidang PAUD dan PNF (Pendidikan Non Formal)  Disdikpora Buleleng telah melakukan kegiatan Visitasi Pembentukan TK Negeri.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng Made Ngadeg menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi setiap Desa yang akan merubah status Paud Swasta untuk menjadi TK Negeri. Beberapa diantaranya yakni adanya penyerahan prasarana, Personal, Dokumen, dan yang paling penting itu adalah penyerahan asset tanah bangunan.

“Penyerahan asset ini yang paling penting. Karena Pemkab tidak bisa membangun apa apa diatas asset orang lain. Jika sudah siap, tim memverifikasi keberadaan TK yang akan diserahkan itu, sarpras, lokasi, murid, termasuk melihat antusiasme masyarakat. Kita hanya memfasilitasi untuk pengkajian, apakah memenuhi syarat atau tidak,” Jelas Ngadeg.

Menurutnya, dengan adanya perubahan status tersebut, kontribusi Pemerintah kabupaten Buleleng untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) akan semakin besar.

- Advertisement -

“Yang jelas, dari segi pembiayaan akan lebih mudah, karena semuanya menjadi tanggung jawab Pemerintah. Kalau swasta, kontribusi pemerintah terbatas dan kecil,” terangnya. |RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts